Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Miyak Wangi

Mengenal Minyak Wangi??



Melanjutkan artikel saya mengenai Tips Kecantikan, kali ini bukuqw kembali memberikan tips memilih minyak wangi. Banyak sekali ragam minyak wangi mulai dari bentuknya, aromanya dan jenis-jenis minyak wangi yang cocok untuk berbagai acara, seperti dinner, bekerja, dll.

Pertama kita bahas mengenai ragamnya.
v  Ragam minyak wangi. Sesuai kadar kepekatannya minyak wangi di bagi dalam tiga jenis yaitu:

  • Parfum
Minyak wangi dengan kadar bibit minyak wangi yang lebih tinggi dibanding dengan alkohol yang menjadi bahand asarnya. Biasanya cukup mahal. Kekuatan aromanya tahan lama.

  • Eu de Toilet
Mengandung bibit minyak wangi lebih sedikit dibanding dengan parfum, aromanya juga lebih ringan dibanding parfum, tetapi lebih keras dari cologne.

  • Cologne
Perbedaan antara eu de toilet dengan cologne tidak banyak. Keharumannya tidak bertahan lama.
           
  • Minyak wangi kadar tinggi.
Dengan bahan dasar bukan alkohol, melainkan minyak. Tentu saja kadar bibitnya juga tinggi, hingga keharumannya tahan lama dan aromanya sangat kuat. Tampil dengan wadah-wadah kecil canggih dan harganya pun mahal.

v  Minyak Wangi Menurut Bentuknya

  • Bentuk cairan
Yaitu bentuk tradisional yang dikenal dalam penggunaannya biasa dioleskan.

  • Bentuk spray atau semprot
Minyak wangi yang berbentuk cair yang penggunaannya disemprotkan. Dengan tekanan tinggi minyak wangi disemprotkan melalui lubang sempit. Daerah kulit yang terkena semprotan tentu saja lebih luas dibanding yang olesan, disamping wanginya dapat menyebar kemana-mana.

  • Bentuk krem atau cairan pekat
Dalam penggunaannya dioleskan. Biasanya ini membutuhkan waktu lebih lama untuk menyebarkan keharumannya dibanding dengan minyak wangi bentuk cair. Sebab kehangatan kulitlah yang dapat membuat wanginya muncul.

Ø  Aroma Minyak Wangi

  • Minyak wangi aroma buah-buahan atau rempah-rempah
Tidak saja meninggalkan keharumannya yang khas, tetapi juga menggugah indera perasa kita.

  • Minyak wangi bunga-bungaan

Dengan aroma buah mawar misalnya, yang sapat menggugah semangat kita. Aaroma mawar juga diperoleh dari kelopak bunga mawar segar, yang kalau kita campurkan dalam air mandi dapat menyegarkan tubuh dan mengembalikan semangat.

  • Minyak wangi yang mendinginkan
Kekuatan mendinginkan tergantung dari kadar alkohol yang terkandung di dalamnya. Minyak wanginya sendoro hanya sekitar 5-15 persen. Pada kulit alkohol menyerap panas dan membuat perasaan jadi tenang. Misalnya eu de cologne 4711. Minyak wangi ini seringkali menjadi pilihan hadiah bagi yang sedang sakit atau istirahat berbaring ditempat tidur.

ü  Membubuhkan Minyak Wangi

Agar minyak wangi awet di tibuh dan aromanya tersebar bersama gerak oleskan atau semprotkan di daerah tumit, pergelangan kaki sampai kelutut sebelah belakang. Di bagian atas tubuh, oleskan diantara payudara, pergelangan tangan sebelah dalam, pelipis dan belakang telinga.

Bila berada di udara terbuka dimana sinar matahari langsung mengenai kulit, jangan mengunakan minyak wangi langsung pada kulit. Sebab ramuan dalam minyak wangi yang menempel pada kulit yang terkena sinar matahari, dapat menimbulkan bercak-bercak yang membuat kulit tidak mulus lagi.

Jauhkan pemakaian wewangian yang berbeda. Setelah mandi sebaiknya tidak mencampurkan aroma wewangian yang berbeda, misalnya minyak tubuh (body oil/lotion) yang wangi dengan parfum yang aromanya beda. Sebaiknya pilih minyak wangi tubuh yang tidak wangi, atau lembut, baru bubuhkan minyak wangi. Yang terbaik adalah menggunakan produk minyak tubuh dan parfum dari satu merek dengan aroma yang sama, sehingga wanginya juga cenderung sama.
Bila sedang resah atau murung, pakailah wewangian segar jenis eu de toilette, yang lebih ringan dari pada parfum. Mungkin wewangian ini dapat mendorong semangat.

      Parfum Yang Sesuai Dengan Suasana

  • Dalam pesta
Suasana pesta di sore atau malam hari yang gembira, misalnya ulang tahun, pesta pernikahan atau acara pesta yang formil, pilih parfum yang lembut, tidak terlalu menyolok. Misalnya minyak wangi dari channel 19, Memoire Cherire dari Elizabeth dan Andron dari Jovan Oscar de la Renta.

  • Dalam kantor atau bisnis
Misalnya sedang dalam wawancara atau perundingan bisnis pilihlah, parfum yang tidak lembut, tetapi juga tidak terlalu keras. Wanginya akan memberikan spirit bagi kita, juga partner dengan kita. Misalnya Chanel No. 5, Femme dari Madame Rochas, Arpege dari Lanvis, Miss Dior dari Christian Dior, Norell dari Revlon atau Fleur de Fleurs dari Nina Ricci.

  • Dalam suasana santai
Pakaian dari bahan Jeans, pilihan paling populer untuk acara santai. Minyak wangi yang segar, tidak menusuk hidung membuat acara bersantai lebih semarak. Misalnya: Le Sport dari Coty, Cristallie dari Cahnel, Charlie dari Revlon, Aliiage dari Estee Lauder, Jovan dari Jovan.

  • Menjelang tidur
Jika kita menyempritkan sedikit saja minyak wangi. Pasangan kitapun akan turut merasakan ketenangan hati kita. Minyak wangi yang sesuai dengan menjelang tiddur, Maya dari Myurgia, My Sin dari Lanvia, Touche dari Jovan.

  • Membeli Minyak Wangi
Mencoba minyak wangi jangan langsung dari botolnya. Oleskan atau semprotkan sdikit pada pergelangan tangan bagian dalam. Tunggu sekitar 15 menit. Minyak wangi yang menempel di kulit biasanya berbeda baunya dengan yang langsung dari wadah, karena aromanya sudah tercampur dengan kulit. Masing-masing kulit mempunyai sifat yang berbeda, hingga minyak wangi yang menempel pada kulitpun menyebarkan keharumannya yang berbeda. Pada kulit kering minyak wangi lebih mudah terserap, dan keharuman minyak wangi akan dapat lebih bertahan lama pada kulit jenis berminyak. Pada usia setengah baya atau lanjut, dimana kulit sudah mengering, lebih baik dengan pilihan wangi yang lebih tajam.
Jika ingin membeli dengan aroma minyak wangi yang belum pernah dikenal sebaiknya dicoba pada waktu siang hari, sesudah makan siang. Karena pada saat itu penciuman lebih tajam dibanding dengan malam hari. Jangan mencoba minyak wangi setelah makan makanan dengan aneka bumbu, karena bumbu ini akan memancar pada kulit dan mempengaruhi penciuman, hingga sulit memilih parfum dengan aroma yang tepat seperti yang diinginkan.

Perasaan juga turut menentukan sikap dalam memilih parfum. Tunda dulu, jangan memilih parfum, jika keadaan diri sedang dalam tidak menentu, tegang atau stress.

Jangan mencoba atau mencium parfum lebih dari 2-3 parfum dalam waktu bersamaan. Karena aroma yang berbaur, sulit dibedakan satu dengan yang lain. Indera penciuman kita tidak mampu untuk itu.
Cukup sekian artikel tentang minyak wangi, jika temen-temen ada yang mempunyai informasi lebih saya mohon maaf atas kekurangannya.

3 komentar untuk "Mengenal Miyak Wangi "

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG