Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah

Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah

Setelah mengiris atau mengupas bawang merah, sering tangan menjadi hitam akibat getah bawang. Untuk membersihkannya, ambil buah jeruk nipis, air perasaanya oleskan pada tangan yang kena getah tersebut, pasti saat itu juga tangan menjadi bersih.

Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah yang Ampuh

Bawang merah selain digunakan untuk memasak seperti pemberi rasa gurih, kerap juga dicampurkan diberbagai ramuan kesehatan untuk mengobati berbagai macam penyakit, biasanya bawang merah digunakan dengan cara dioleskan ke bagian tubuh. 

Cara menghilangkan getah bawang merah yang sering dipakai oleh masyakat kita ini adalah dengan membersihkannya menggunakan sabun. Namun, cara ini ternyata masih meninggalkan bau dari bawang tersebut.

Cara Menghilangkan Getah Bawang Merah dengan Mudah

Walaupun banyak memiliki manfaat, banyak yang mengeluh bahwa setelah mengupas atau mengirismya, getah bawang merah ini bisa membuat menangis dan jika menempel ditangan lalu menjadi bau bawang. Bau bawang merah akibat dari getah ini bisa bertahan sampai 2 hari jika tidak langung dibersihkan secara tuntas.  

Berikut beberapa cara menghilangkan getah bawang merah yang bisa kamu coba.

1. Menggunakan garam meja dan air dingin

Ambilah satu sendok garam meja, kemudian campurkan dengan air dingin secukupnya. Aduk sampai rata. Setelah tercampur rata, lanjut balurkan ke seluruh bagian yang terkena getah bawang merah ini.

Garam berguna untuk menghilangkan getah dari bawang merah tersebut.

2. Jus tomat

Jus tomat selain dipercaya dapat menghilangkan bau sigung, dipercaya juga untuk menghilangkan getah dari bawang merah. Caranya adalah, dengan mencelupkan tangan ke dalam jus tomat tersebut selama kurang lebih lima menit.

3. Perasan Lemon

Lemon biasanya digunakan untuk menghilangkan lemak. Tapi ternyata lemon ini bisa digunakan untuk menghilangkan getah bawang merah. Caranya dengan memeras lemon di gelapak tangan dan tunggu kurang lebih selama 3 menit.

4. Selai kacang

Mengoleskan selai kacang di telapak tangan dapat membantu menghilangkan getah bawang merah yang menempel. Mungkin dengan cara ini tangan kamu nantinya akan berminyak, karena selai. Namun kamu bisa langsung cuci tangan saja.

Menggunakan benda – benda stainless steel

Caranya simple, setelah memegang bawang merah dan terkena getahnya. Kamu hanya tinggal mengusap tangan yang terkena getah bawang merah tadi, cara ini dipercaya mampu untuk menghilangkan getah dan jua dapat menetralkan bau bawang dengan baik.

5. Hand sanitizer

Hand sanitizer saat ini adalah salah satu barang wajib dirumah. Selain untuk menangkal virus di masa pandemi ini, hand sanitizer ternyata bisa digunakan untuk memberikan atau menghilangkan getah dari bawang merah.

6. Mouthwash

Obat kumur yang biasanya digunakan untuk membersihkan mulut ini, dipercaya ampuh untuk dijadikan salah satu cara membersihkan getah bawang merah di telapak tangan.

7. Soda kue dan sabun cuci piring liquid

Cara menghilangkan getah bawang merah menggunakan ini dengan cara mencampurkan soda kue dengan sabun cuci pring kurang lebih satu sendok teh. Kemudian tambahkan air satu sendoh teh juga. Aduk hingga rata kemudian celupkan jari ke dalam adonan dengan meremas bubuk soda kue yang tercampur dengan sabun cuci piring dan air tersebut. Tunggu sampai kurang lebih selama tiga menit . setelah itu, bilas tangan menggunakan air mengalir.

8. Bubuk kopi

Cara menghilangkan getah bawang merah menggunakan kopi ini dengan menuangkan satu sendok makan bubuk kopi dengan tetesan sedikit air di telapak tangan. Lalu gosok kedua tangan sampai merata, hingga getah bawang merah tersebut hilang. Kemudian bilas menggunakan air mengalir.

Getah bawang merah harus langsung dibersihkan jika terkena tangan atau bagian tubuh lainnya, agar tidak menimbulkan bau dan bekas hitam yang dapat bertahan lama. Nah di atas adalah beberapa cara menghilangkan getah bawang merah yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat!