Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cloud Computing Merubah Gaya Hidup Masyarakat Menjadi Lebih Produktif

Cloud Computing yang Merubah Gaya Hidup Masyarakat Menjadi Lebih Produktif

manfaat teknologi cloud computing di era industri 4.0

Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir memang sangat cepat sekali, seperti sekarang, era teknologi cloud computing yang membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah. Berbicara mengenai cloud computing mungkin beberapa dari kita ada yang masih kurang tau apa itu cloud computing, nah cloud computing atau bahasa Indonesianya Komputasi Awan adalah teknologi yang menjadikan Internet sebabagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, apa saja bisa di lakukan melalui internet.

Dalam era industry 4.0 dunia sudah melangkah lebih jauh menggunakan internet, dengan teknologi cloud computing hampir semua pekerjaan dapat dipermudah. Dampak dari teknologi yang semakin maju membuat perubahan yang sangat besar terhadap gaya hidup. Dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan teknologi cloud computing membuat tugas guru menjadi lebih mudah dan para murid-pun juga menjadi lebih gampang dalam proses belajar. 

Penggunaan internet dalam dunia pendidikan memiliki peran yang sangat besar dalam kegiatan belajar mengajar.  Tidak hanya dalam dunia pendidikan, dalam skala yang lebih besar seperti dalam system pemerintahan menfaat internet bisa memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai hal, misalnya pelaporan pajak, proses seleksi CPNS, menghemat biaya operasional, memudahkan sosialisasi program-program pemerintah kepada masyarakat, akses pelayanan public dan masih banyak lagi.

Perubahan gaya hidup menjadi lebih effortless dengan semakin majunya teknologi, mungkin jaman dulu untuk mendapatkan berita saja kita harus keluar rumah untuk membeli Koran namun saat ini hanya dengan smarphone yang menggunakan teknologi Cloud Computing sudah sangat gampang untuk mengakses berita-berita ter-update. Ketika terjadi suatu peristiwa hanya butuh beberapa detik untuk mendapatkan informasi tersebut dari belahan dunia manapun.

Dengan semakin canggihnya teknologi saat ini berbanding lurus dengan gawai dan aplikasi layanan yang muncul membuat berbagai layanan bisa dengan mudah kita dapatkan, contoh saja dengan munculnya layanan ride sharing yang popular seperti gojek dan grab, tidak perlu susah-susah lagi jika ingin pergi kemana-mana, hanya dengan menggunakan layanan aplikasi kita tidak perlu mengeluarkan effort mencari transportasi umum untuk mendapatkan tumpangan, kita hanya perlu bebrapa langkah kecil di aplikasi gojek atau grab dan supirpun menghampiri kita. 

Dengan memanfaatkan teknologi cloud computing yang lebih jauh lagi, layanan ride sharng pun berkembang dengan menghadirkan fitur pengantaran makanan seperti Gofood dan Grabfood, hal ini berpengaruh besar terhadap life style masyarakat yang lebih luas. Kita sebagai konsumen dipermudah dalam hal pemesanan makanan, hanya cukup menunggu dirumah makananpun di antarkan kerumah, perubahan gaya hidup yang sangat besar di jaman cloud computing saat ini jika kita berkaca pada era tahun 2000-an, yang mana akses internet masih sangat kurang, bahkan untuk mendapatkan gawai yang sudah mendukung internet pun sangat sulit dijangkau oleh golongan menengah kebawah.
 
Dunia internet menjadi sebuah solusi dalam berbagai macam kesulitan, Internet seperti sebuah pedang yang memiliki 2 sisi, dua sisi tajam yang bisa saja menjadi hal positif dan negative. Jika kita bericara hal negative tentu kita tidak akan berkembang, teknologi teripta dan diciptakan untuk hal-hal positif dengan tujuan untuk memudahkan msayarakat dalam berinteraksi, bekerja, belajar mengajar, kegiatan pemerintahan dan kegiatan bisnis. Dalam berbisnis saat ini teknologi cloud computing dimanfaatkan sebagai sebuah wadah atau sarana jual beli online, kita dipermudah denan adalanya layana jual beli ini. Kita tidak perlu keluar rumah hanya untuk membeli sesuatu yang kita inginkan, hanya dengan beberapa langkah melalui smartphone kita hanya menunggu dirumah hingga barang yang kita beli diantarkan kerumah.

Kesimpulannya, dengan adanya teknologi kita menjadi lebih mudah dalam melakukan berbaga hal, seperti program belajar mengajar, kegiatan jual beli, perbankan, kegiatan pemerintahan, layanan publik dan lain-lain, sehingga pola hidup dan gaya hidup yang effortless menjadi lebih produktif. Ketika sedang sibuk bekerja dan perut lapar kita bisa memesan makanan melalui gofood atau grab food, atau jika kita sudah lelah setelah aktifitas olahraga seperti jogging kita bisa pesan ojek untuk mengantarkan kita pulang, dan masih banyak lagi hal-hal produktif yang bisa kita rasakan dan manfaatkan dengan adalanya Cloud Computing.


Posting Komentar untuk "Cloud Computing Merubah Gaya Hidup Masyarakat Menjadi Lebih Produktif"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG