Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5. 0-13 Minggu – Bagaimana pertumbuhan bayi saya?

0-13 Minggu – Bagaimana pertumbuhan bayi saya?

Trimester pertama minggu 0-13

Selamat – Anda hamil! Dalam tiga bulan kedepan, sejumlah perubahan luar biasa akan terjadi dalam tubuh dan hidup Anda.  Tak diragukan lagi Anda pasti memiliki banyak pertanyaan – tentang pemeriksaan kehamilan yang akan Anda jalani, tes yang akan ditawarkan, gejala apa yan mungkin timbul dan cara mengatasinya, serta bagaimana mengabarkan berita ini pada keluarga dan teman. Jangan takut! Dalam bab ini Anda akan menemukan jawaban dan ketenangan yang Anda perlukan.

Perkembangan janin dalam 13 minggu pertama kehamilan sangat pesat. Begitu telur dibuahi pada minggu ketiga , terjadi pembelahan untuk menghasilkan sekelompok sel yang akan, pada akhir trimester ini, secara bertahap bertransformasi menjadi manusia kecil yang memiliki mata, telinga, jari-jari tangan, dan kaki.

Bayi Anda di usia enam minggu

Embrio telah tertanam di lapisan lunak uterus dan akan mendapatkan zat gizi dari kantung kuning telur. Dari sini dihasilkan sel darah merah dan membantu memberi gizi bagi bayi Anda sampai plasenta mulai berfungsi sekitar minggu ke-12. Beberapa minggu selanjutnya adalah saat ketika bayi Anda paling rentan terhadap apa pun yang bisa memengaruhi pertumbuhan – dan saat Anda harus sangat berhati-hati terhadap apa pun yang bisa membahayakan janin. Yang juga muncul adalah kantung amnion yang mengelilingi bayi dan cairan amnion yang berfungsi sebagai bantalan.

Dari embrio ke janin

Pada usia 6 minggu, embrio berukuran panjang sekitar 1,5 cm dan memiliki anggota tubuh seperti pedal. Lensa mata muncul sekitar minggu keenam. Embrio melayang didalam kantong amnion, melekat pada plasenta melalui tali pusat. Zat gizi dan oksigen diteruskan dari ibu pada embrio melalui tali pusat, sedangkan produk buangan berjalan sebaliknya. Pada usia Sembilan minggu, embrio akan disebut janin.

Minggu 0-2

Dokter atau bidan akan menghitung usia dimulainya kehamilan dari hari pertama menstruasi terakhir, tetapi Anda belum benar-benar hamil dalam dua minggu pertama. Awal kehamilan Anda adalah titik dimana Anda mengalami ovulasi dan telurnya dibuahi, sekitar hari ke-14 dari siklus bulanan rata-rata. Jadi kehamilan yang sebenarnya berlangsung sekitar 38 minggu mulai saat pembuahan sampai kelahiran.

Minggu 3-4

Tepat setelah ovulasi terjadi pertemuan yang bersejarah. Sel sperma mikroskopik menembus lapisan pelindung yang mengelilingi telur dan membuahinya. Bayi sedang dibuat. Selama hari-hari selanjutnya, DNA Anda akan bergabung dengan DNA pasangan dalam telur yang dibuahi. Materi genetic dari masing-masing digabung menjadi cetak biru bagi calon bayi Anda.

Selama proses ini, telur yang dibuahi berjalan sepanjang saluran telur menuju Rahim sambil mengalami pembelahan dan bermultiplikasi menjadi bola yang terdiri atas 16 sel identik. Ini disebut blastokista saat telur mencapai Rahim tiga atau empat hari kemudian, dan mulai menggali lapisan dinding Rahim satu atau dua hari kemudian, bola sel akan diregang saperti balon air yang memiliki dua lapisan.

Lapisan luar dari bola sel ini akhirnya akan menjadi plasenta, organ yang mengantarkan oksigen dan zat gizi untuk mempertahankan hidup bayi Anda selama kehamilan; lapisan dalam akan menjadi bayi Anda; dan bagian tengah yang terisi cairan akan menjadi kantung amnion yang menjadi bantalan ketika bayi Anda tumbuh.

Minggu 5

Bola sel yang membelah dalam Rahim Anda kini menjadi embrio, sekitar seukuran biji apel. Yang akan menjadi cairan amnion mulai mengumpul dan dalam minggu-minggu serta bulan-bulan ke depan, cairan ini akan menjadi bantalan bagi bayi Anda yang sedang berkembang. Pertumbuhan saraf dimulai ketika selapis sel di bagian punggu embrio melipat dibagian tengan sehingga membentuk tabung. Ini disebut tabung saraf – dari mana otak, tulang belakang, dan sumsum tulang belakang serta saraf akan tumbuh. Lapisan atas juga akan menumbuhkan kulit, rambut, kuku, kalenjar mamae, dan keringat. Di satu sisi, tabung membesar membentuk bagian utama otak. Asam folat penting bagi pembentukan tabung saraf yang sehat, dan itulah sebabnya mengapa wanita disarankan untuk mengkonsumsi suplemen asam folat ketika berusaha hamil dan pada awal kehamilan.

Ternyata, lima minggu berikutnya menjadi masa kritis bagi perkembangan bayi. Jantung yang tidak lebih besar dari biji poppy, mulai berdetak. Paru-paru, usus, dan sistem kemih juga mulai berkembang sekitar saat ini. Sementara itu, versi dini plasenta, vili korionik, serta tali pusat yang mengantarkan zat gizi dan oksigen pada bayi, juga sudah berfungsi.

Minggu 6

Meskipun demikian, pada titik ini embrio masih lebih terlihat seperti kecebong daripada manusia. Organ utama, seperti ginjal, telah mulai berkembang, dan tabung neural, yang menghubungkan otak dengan sumsum tulang belakang, menutup.

Anggota tubuh atas dan bawah dari embrio mlai berkembang – ini akan menjadi lengan dan kaki. Usus berkembang di dalam tali pusat dan usus buntu juga sudah ada. Dibawah bukaan yang kemudian akan menjadi mulut bayi, terdapat lipatan kecil yang akan menjaditempat berkembangnya leher dan rahang bawah. Pada minggu awal ini pun gambaran wajah mulai muncul. Lubang hidung menjadi jelas dan versi retina paling awal pada mata mulai terbentuk.

Posting Komentar untuk "5. 0-13 Minggu – Bagaimana pertumbuhan bayi saya?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG