Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4. Bagaimana saya tahu saya hamil?

Bagaimana saya tahu saya hamil?

Tes kehamilan dirumah memudahkan para wanita untuk mengetahui apakah dirinya hamil. Sebagian di antara alat tes tersebut memiliki dua tangkai dalam satu kemasan agar hasil pemeriksaan bisa di ulang. Anda juga bisa datang ke tempat praktik dokter untuk melakukan tes kehamilan. Sebagian, namun tidak semua, wanita merasakan adanya perubahan fisik dan gejala pada minggu-minggu awal.

Apa saja yang termasuk tanda kehamilan?

Jika Anda mengikuti irama tubuh Anda, Anda akan mulai mencurigai diri Anda hamil segera setelah pembuahan. Tetapi sebagian besar wanita tak akan mengalami gejala apapun sampai telur yang sudah dibuahi tertanam dalam dinding Rahim beberapa hari setelah pembuahan. Yang lain mungkin tak merasakan tanda apapun sampai berminggu-minggu. Menstruasi terlambat biasanya membuat sebagian besar wanita waspada akan kemungkinan hamil, dan tes kehamilan bisa memastikan kehamilan setelah menstruasi terlambat beberapa hari. Tanda awal kehamilan lainnya adalah rasa logam di mulut, payudara sangat nyeri dan sering perlu buang air kecil. Mual dan ingin muntah biasanya dimulai sekitar usia kehamilan enam minggu dan memburuk mulai 8-10 minggu.

Bagaimana cara kerja alat tes kehamilan?

Alat tes kehamilan, mengukur adanya hormon human chorionic gonadotrophin (hCG) dalam air seni. Hormon ini sebenarnya mula-mula di sekresi pada saat yang telur yang sudah dibuahi tertanam di Rahim (sekitar enam hari setelah pembuahan) oleh sel-sel yang nantinya akan membentuk plasenta. Kadar hormon meningkat dengan cepat dalam tubuh beberapa hari setelah implamantasi. Biasanya tes kehamilan dirumah bisa mendeteksi hCG dalam air seni ada hari pertama menstruasi Anda terlambat. Jika hasilnya negative pada pemeriksaan pertama, bisa jadi karena kadar hCG belum cukup untuk bisa terdeteksi sehingga Anda mungkin ingin menunggu beberapa hari sebelum melakukan tes ulangan. Sebagian tes lebih sensitive karena bisa mendeteksi meskipun hanya ada sedikit hCG dalam sitem tubuh kita.

Apakah tes kehamilan di rumah cukup akurat?

Jika Anda mengikuti petunjuk pada kemasan, tes kehamilan di rumah 97% akurat. Tetapi bisa saja terjadi kesalahan, sehingga ada beberapa jenis yang memberikan dua alat tes dalam satu kemasan. Ada beberapa alasan mengapa tes kehamilan di rumah bisa menjadi negatif: Anda mungkin tidak hamil, atau tubuh anda tidak mengasilkan hCG dalam jumlah normal. Jika hasil tes negatif tetapi Anda masih menduga Anda hamil, tunggu beberapa hari dan ulangi tes. Positif palsu – ketika tes berkata Anda hamil padahal tidak – jarang ditemukan.

Apakah tes dirumah berbeda dengan yang dilakukan oleh dokter?

Banyak klinik yang menggunakan alat tes kehamilan yang sama dengan yang biasa digunakan orang awam di rumah. Terkadang dilakukan tes darah. Kedua jenis tes tersebut mencari hCG, tetapi tes darah lebih sensitive dan bisa menentukan apakah Anda hamil 6-8 hari setelah ovulasi.

Apakah haid tidak teratur memengaruhi saat kapan saya bisa melakukan tes kehamilan?

Jika siklus bulanan Anda tidak teratur, mungkin lebih sulit untuk mencari tahu apakah Anda hamil. Anda mungkin hanya sedang mengalami menstruasi terlambat lagi, atau Anda mungkin memang sudah mengandung. Tunggu sampai siklus menstruasi terpanjang dalam bulan-bulan terakhir sebelum Anda melakukan tes kehamilan. Jika Anda baru saja berhenti makan pil kontrasepsi, Anda mungkin tida tahu berapa lama siklus alami Anda jadi Anda mungkin akan melakukan tes dengan segera. Jika hasil tes negative dalam setiap keadaan tersebut, Anda harus melakukan tes kehamilan lagi dalam waktu tiga hari jika Anda masih belum mendapat haid.

Tips: Lakukan tes kehamilan Anda pagi-pagi sekali saat urin Anda masih benar-benar pekat.

Posting Komentar untuk "4. Bagaimana saya tahu saya hamil?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG