Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2. Bagaimana caranya meningkatkan peluang saya mendapat kehamilan?

Bagaimana caranya meningkatkan peluang saya mendapat kehamilan?

Santai dan menikmati kegiatan bercinta secara teratur adalah cara terbaik untuk segera hamil. Namun ketika Anda tak kunjung hamil, melakukan hubungan seksual pada sekitar masa subur bisa meningkatkan kehamilan – tetapi cobalah untuk tidak terlalu fokus pada saat kapan Anda bercinta.

Apa itu ovulasi?

Ovulasi adalah ketika satu atau lebih telur dilepaskan dari salah satu indung telur. Ini adalah saat paling subur dari siklus menstruasi. Setiap bulan, 15 atau 20 telur matang di dalam indung telur. Telur terbesar dikeluarkan ke rongga panggul dan meluncur ke saluran falopi. Kedua indung telur, meskipun tidak teratur, secara bergantian melepaskan telur setiap siklus menstruasi.

Kapan saya harus berhubungan seksual jika saya menginginkan kehamilan?

Anda hanya subur selama beberapa hari dalam sebulan (sekitar hari ke-14 jika siklus menstruasi Anda 28 hari). Telur yang dilepaskan ketika Anda mengalami ovulasi akan bertahan tak lebih dari 24 jam. Akan tetapi, karena sperma hidup lebih dari 72 jam, Anda masih bisa mengalami pembuahan jika berhubungan seksual 2-3 hari sebelum ovulasi.

Jangan terlalu focus pada waktu berhubungan saja. Hanya akan membuat kegiatan bercinta menjadi tugas yang membebani, apalagi saat anda dan pasangan tidak dalam suasana hari yang baik. Jika Anda berhubungan seks tanpa merujuk pada kalender setiap dua atau tiga hari, maka sperma akan berada pada tempat yang tepat di saat yang tepat tanpa tergantung pada apa yang dikatakan oleh bagan atau prediktor.

Sebagian besar pasangan yang berupaya aktif untuk punya bayi akan hamil dalam waktu setahun. Jika Anda telah mencoba selama setahun tanpa hasil (atau selama enam bulan jika usia Anda di atas 30), mungkin ada alasan klinis mengapa Anda tidak hamil dan ini bisa diselidiki. Mengetahui hal ini dan membiarkan diri Anda berhenti focus pada saat yang tepat bisa membawa sebagian spontanitas dan gairah kembali ke kehidupan seks Anda. Sebagian ahli berpikir bahwa saat yang tepat untuk berhubungan meningkatkan stress, dan ironisnya, menghambat ovulasi.

Bagaimana saya tahu masa tersubur saya?

Dengan bergulirnya siklus menstruasi, lendir leher Rahim mengalami peningkatan volume dan perubahan tekstur, mencerminkan peningkatan kadar estrogen dalam tubuh. Anda dianggap paling subur ketika lendir menjadi jernih, licin, dan kental. Banyak wanita membandingkan lendir pada tahap ini dengan putih telur. Peran lendir adalah memberi nutrisi, melindungi, dan menambah kecepatan sperma menuju Rahim dan saluran telur. Sekitar 20% wanita benar-benar merasakan kegiatan ovulasi, yang berkisar mulai dari rasa nyeri ringan sampai denyutan rasa nyeri. Sebagian wanita menggambarkannya sebagai ‘nyeri di satu sisi punggung’ atau nyeri lain yang spesifik. Rasa nyeri ini, yang juga disebut mittelschmerz, bisa berlangsung beberapa menit sampai beberapa Jam. Jika Anda memerhatikan jenis nyeri yang sama pada waktu yang kurang lebih sama setiap bulan, periksa kondisi lendir leher Rahim juga. Nyeri ovulasi bisa menjadi pedoman yang bermanfaat bagi sebagian wanita untuk mengetahui masa subur mereka.

Apakah perubahan suhu tubuh merupakan indikasi ovulasi?

Setelah ovulasi, suhu tubuh meningkat 0,5 sampai 1,6 derajat. Anda tak akan merasakan pergeserannya tetapi Anda mungkin bisa mendeteksinya menggunakan thermometer suhu basal tubuh (SBT). Kenaikan suhu ini terjadi kerena pelepasan telur menstimulasi produksi hormon progesterone, yang meningkatkan suhu tubuh. Anda berada dalam masa paling subur selama dua atau tiga hari sebelum suhu tubuh Anda naik.

Bagaimana cara kerja alat prediksi ovulasi?

Alat ini mendeteksi kenaikan hormone luteinizing (LH) tepat sebelum ovulasi. Alat ini bisa memprediksi ovulasi 24-36 jam sebelumnya, tetapi tidak anti kesalahan karena LH bisa naik dengan atau tanpa pelepasan telur. Kenaikan LH palsu bisa juga terjadi sebelum LH yang sebenarnya naik. Untuk akurasi maksimal, ikuti petunjuk alat. Jika siklus Anda 28 hari, mulailah pemeriksaan pada hari ke-11 dan gunakan selama enam hari (atau berapapun yang dianjurkan oleh pabrik). Jika siklus Anda lebih lama, misalnya 35 hari, mulailah pada hari ke-14 selama Sembilan hari. Jika siklus Anda antara 28-40 hari, ovulasi Anda berkisar antara hari ke-14 dan ke-26.

Akan tetapi, menurut The Royal College of Obstetricians anda Gynaecologists, tak ada bukti bahwa menggunakan metode deteksi LH atau pemeriksaan suhu untuk menentukan saat berhubungan akan memperbesar peluang kehamilan, dan mereka tidak menyarankan penggunaanya. Dengan kata lain, penelitian menunjukkan bahwa penggunaan terus-menerus dari pemeriksaan suhu dan alat prediktor ovulasi tidak memperbaiki peluang Anda untuk menjadi hamil dalam jangka panjang. Akan tetapi, bagan bisa memberikan informasi lain tentang siklus bulanan Anda dan seberapa teratur Anda mengalami Ovulasi.

Posting Komentar untuk "2. Bagaimana caranya meningkatkan peluang saya mendapat kehamilan?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG