Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

26. Bagaimana saya menghadapi kehamilan di tempat kerja?

Bagaimana saya menghadapi kehamilan di tempat kerja?


Gejala seperti mual di pagi hari dan kelelahan bisa mengacaukan kegiatan rutin di tempat kerja, khususnya jika pada saat ini Anda masih merahasiakan kehamilan. Secara bertahap Anda akan merencanakan strategi untuk mengatasi masalah di tempat kerja, namun untuk saat ini, utamakan diri Anda dan cobalah menyesuaikan kegiatan rutin pekerjaan dan bepergian seperlunya.

Adakah alasan mengapa saya tidak boleh bekerja ketika saya hamil?

Jika kehamilan Anda berisiko rendah, normal, dan Anda bekerja di lingkungan yang aman, Anda tentu saja bisa tetap bekerja. Peraturan daru UK Health and Safety dibuat untuk melindungi calon ibu baru dan bayi mereka di tempat kerja, dan perusahaan harus mengetahui hal ini, dan jika perlu menghilangkan setiap risiko bahaya yang mungkin berpengaruh pada Anda. Jika Anda merasa terpapar pada risiko akibat dari pekerjaan (ini bisa jadi karena bahan yang terpapar, atau harus sering bepergian atau bekerja dengan sistem shift, misalnya), maka Anda harus membicarakannya dengan departemen sumber daya manusia.

Apa yang bisa saya lakukan untuk mengatasi mual di pagi hari di tempat kerja?

Jika Anda mudah muntah, bukan sekedar merasa mual, siapkan pasta gigi, sikat gigi, dan lap mulut di laci meja kerja Anda. Simpan juga camilan yang Anda tahu bisa membantu mengurangi rasa mual. Jika Anda belum menyampaikan berita ini pada rekan kerja, Anda bisa mengelak dengan cerita singkat yang meyakinkan tentang “keracunan makanan”. Akan tetapi, mereka akan mudah menebak dengan benar ketika mereka mengumpulkan bukti yang mengarah pada kehamilan, seperti berlama-lama di kamar mandi atau Anda tiba-tiba tidak tertarik pada alkohol pada pertemuan sosial kantor. Jika Anda menderita mual di pagi hari yang berat dan lama, Anda mungkin harus mengabarkan kehamilan pad abos Anda lebih cepat dari yang direncanakan.


Bagaimana saya bisa tetap professional dengan semakin besarnya kehamilan?

Selama trimester pertama dan ketiga, Anda mungkin mengalamai kelelahan, pikiran kosong, dan melamun; dalam trimester kedua, Anda mungkin merasa lebih energik dan terfokus. Berbcara dengan kolega yang pernah mengalaminya dan bisa mendukung akan membantu. Mungkin ada banyak minat akan kehamilan Anda di antara kolega serta teman. Sebagian wanita menyambut baik hal ini, meninkmati kesempatan untuk berbicara tentang bayinya yang sedang tumbuh. Yang lain memilih menjadikan kehamilan sebagai bagian dari kehidupan pribadi dan tidak untuk didiskusikan di tempat kerja. Anda mungkin harus sedikit toleran jika pada awalnya orang lebih ingin membahas ini daripada Anda sendiri. Ingat juga bahwa kehangatan berita kehamilan akan segera hilang bagi kolega Anda dan minat orang akan segera berkurang. Untungnya, baju kerja khusus untuk ibu hamil kini mudah didapatkan, jadi Anda bisa tetap terlihat cerdas dan professional di tempat kerja, bahkan ketika kehamilan Anda mendekati periode akhir.

Pekerjaan saya mengharuskan saya sering bepergian dan memindahkan alat. Haruskah saya menghindarinya saat saya hamil kini?

Anda dilindungi oleh hokum untuk tidak bekerja dengan risiko yang bisa membahayakan kesehatan dan keamanan Anda atau bayi yang Anda kandung. Perusahaan yang mempekerjakan wanita usia subut harus melakukan penilaian risiko kesehatan dan keamanan yang bisa dihadapi oleh pegawainya atau yang lain. Mengangkat beban berat dan bepergian adalah kondisi pekerjaan yang mungkin memengaruhi kesehatan Anda saat hamil dan oleh karenanya harus menjadi bagian dari penilaian risiko.
Perusahaan tempat Anda bekerja harus melakukan semua yang mungkin untuk mengurangi atau menghilangkan risiko, yang bisa termasuk mengubah kondisi bekerja, menawarkan alternative yang sesuai bagi Anda, atau mengistirahatkan Anda dengan gaji penuh jika tidak ada alternative yang tersedia. Jika Anda khawatir, bicaralah pada dokter atau pihak terkait terdekat untuk mendapatkan nasihat.

Jika Anda tidak melakukan apa-apa lagi

  • Jika Anda duduk di belakang meja seharian, letakkan kotak atau bangku kecil di bawah meja agar Anda bisa menaikkan kaki.
  • Beristirahatlah. Berdiri dan lakukan peregangan jika Anda sudah duduk untuk waktu yang lama; duduk dan beristirahat jika Anda sudah berdiri untuk waktu yang lama.
  • Buat ruang kerja senyaman mungkin.
  • Makan dengan benar dan hindari kopi terus-menerus di tempat kerja (atau paling tidak pastikan kopi yang Anda minum tidak mengandung kafein).
  • Terima bantuan jika ditawari.
Pengalaman pembaca

“Beristirahat sebanyak mungkin sebelum menghadapi hari sibuk penuh rapat membantu saya mengatasi rasa kantuk di siang hari”. Helen

“Saya “menghilang” ke ruang rapat yang tidak terpakai, kemudian menyandarkan kepala dan tidur siang. Salah satu kolega memerhatikan jam dan kembali untuk membangunkan saya setelah 20 menit. Tentu saja, Anda harus punya teman-teman yang simpatik dan lingkungan kerja yang mendukung untuk bisa melakukan ini”. Holy

“Jika ada tempat yang aman untuk parker, tidurlah di mobil pada jam makan siang. Pastikan ada orang yang tahu di mana Anda berada dan bisa membangunkan Anda!”. Emma

Posting Komentar untuk "26. Bagaimana saya menghadapi kehamilan di tempat kerja?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG