Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22. Kecemasan telah mengganggu kehamilan saya. Apa yang bisa saya lakukan?

Kecemasan telah mengganggu kehamilan saya. Apayang bisa saya lakukan?


Bagi sebagian wanita, rasa bahagia ketika mengetahui dirinya hamil segera digantikan oleh rasa cemas. Trimester pertama adalah saat banyak terjadi kebingungan – Anda mungkin belum melakukan pemeriksaan prapersalinan, dan jika tidak melakukannnya, Anda akan merasa ragu tentang kehamilan Anda. Jalani setiap hari dan bagilah kekhawatiran dengan orang-orang terdekat.

Saya sangat cemas sejak mengetahui bahwa saya hamil. Apakah ini normal?

Kehamilan membuat kita semua menjadi pencemas. Kecemasan itu disebabkan oleh satu alasan bagus: ada kehidupan yang tumbuh dalam tubuh Anda. Wajar untuk mengkhawatirkan apa yang Anda makan, minum, pikirkan, rasakan, dan lakukan. Juga betul-betul normal – asalkan Anda tidak menjadi terobsesi. Akan tetapi, jika rasa cemas Anda menghantui dan terus-menerus mengganggu fungsi kehidupan Anda sehari-hari, Anda harus mencari cara untuk santai dan tetap menjaga semua hal dalam perspektif yang benar. 

Saya hamil, tapi saya khawatir saya akan keguguran lagi. Bagaimana cara saya menenangkan diri?

Cobalah untuk mengingat bahwa kehamilan ini berbeda. Ketika Anda membayangkan apa yang mungkin terjadi, bayangkan juga masa depan calon bayi Anda. Sebagian wanita merasa mereka tak bisa benar-benar percaya pada kehamilan yang baru – tetapi setelah mereka melewati titik saat keguguran di masa lalu, mereka mulai merasa lebih positif.

Bisa jadi Anda cemas hampir sepanjang waktu. Tetapi ketika Anda melewati setiap tahap, seperti mendengar suara jantung bayi atau merasakan gerakan pertama, Anda akan semakin merasa percaya diri akan kehamilan ini. Melakukan pemeriksaan prapersalinan secara teratur juga bisa meyakinkan Anda bahwa bayi Anda baik-baik saja. Mintalah untuk bertemu bidan di antara waktu-waktu janji konsultasi untuk mendengarkan suara jantung bayi jika ini membuat Anda merasa lebih baik. Cobalah untuk menjalani setiap hari satu per satu. Teori memang lebih mudah daripada praktik, tetapi hal itu sungguh berguna. Ketika Anda khawatir, segera hentkan kekhawatiran itu dan pikirkan hanya hari ini.

Juga akan membantu jika Anda mengetahui apa yang dulu terjadi. Jika keguguran terdahulu disebabkan oleh leher Rahim yang lemah, misalnya, cari sebanyak mungkin bahan bacaan tentang kondisi tersebut. Anda mungkin akan merasa lebih bisa mengendalikan situasi jika Anda memahami apa yang dahulu terjadi. Sayangnya, kebanyakan kasus keguguran dan lahir mati tidak bisa dijelaskan. Tetapi berita baiknya adalah keguguran di masa lalu, bahkan jika sudah terjadi dua kali, hanya sedikit sekali meningkatkan risiko keguguran berikutnya di masa mendatang. Sebagian besar wanita yang pernah keguguran mampu menjalani kehamilan yang normal dan sehat.

Haruskah saya membagi ketakutan saya dengan pasangan atau apakah ini akan membuat saya mengkhawatirkannya juga?

Ya, bicaralah pada pasangan karena mungkin dia juga memiliki kekhawatiran sendiri. Berbicara secara terbuka tentang kecemasan bisa membuat Anda berdua merasa lebih baik. Anda juga bisa berpaling pada teman-teman atau anggota keluarga untuk mendapatkan dukungan. Calon ibu lain juga merupakan sumber kenyamanan, karena mereka mungkin mengalami kekhawatiran serupa. Jika Anda sangat cemas atau punya alasan spesifik tentang kesehatan bayi Anda, bicarakan dengan bidan.

Saya khawatir akan pemindaian dan tes pertama yang akan saya jalani. Apakah ini normal?

Mengantisipasi prosedur, kemudian menunggu hasilnya, dijamin bisa menimbulkan kecemasan. Kemungkinan semuanya akan baik-baik saja, jadi cobalah untuk tidak takut akan hal yang terburuk. Lakukan satu demi satu. Jika memang ada sesuatu, bicarakan pilihan Anda dengan bidan, dan luangkan waktu untuk memikirkan baik-baik dengan pasangan. Ingatkan diri bahwa hasil positif pada tes tidak sepenuhnya berarti ada masalah – ini hanya pertanda diperlukannya tes lebih lanjut.

Hanya untuk para Ayah 

Yang mungkin Anda khawatirkan

Ketakutan akan keamanan: ketakutan terbesar yang dihadapi lelaki adalah: akankah saya mampu melindungi dan memberikan yang terbaik bagi keluarga saya? Ketika kehadiran bayi, seringkali ada peralihan pendapatan sementara dari dua pendapatan untuk dua orang menjadi satu pendapatan untuk tiga orang. Ini adalah beban yang berat dihadapi. Anda harus memberikan dukungan bukan hanya finansial tetapi juga emosional. Pasangan akan memerlukan bantuan Anda; dan Anda harus siap diandalkan olehnya.

Ketakutan menjadi orangtua: wajar untuk bertanya – wlaupun sepintas lalu – mungkinkah bayi ini benar-benar milik Anda. Bukan karena Anda tidak percaya pada kesetiaan pasangan; hanya saja Anda sesaat dibanjiri gagasan bahwa Anda turut berperan dalam menciptakan sesuatu yang menakjubkan.

Ketakutan akan kematian: ketika Anda menjadi bagian dari awal suatu kehidupan baru, Anda tak bisa mengelakkan timbulnya pikiran tentang akhir kehidupan. Pikiran tentang kematian Anda bisa membayangi: Anda bukan orang muda lagi, generasi selanjutnya sedang tumbuh, dan jika segala sesuatu berjalan seperti seharusnya. Anda akan mati sebelum anak Anda mati. Bagi banyak pria muda yang beranggapan dirinya abadi atau tak terkalahkan, ini cukup sulit diterima.

Pengalaman ibu hamil

“saya senang sekali ketika hasil tes kehamilan positif, tetapi suami saya sangat khawatir akan kondisi keuangan dan perubahan yang akan kami alami sehingga saya bertanya-tanya apakah kami melakukan hal yang benar. Berbicara satu sama lain sepanjang naik turunnya emosi – tampaknya kita tak merasakan hal yang sama pada saat yang sama! – sangat membantu kami berdua.” Heather

“coba saja saya tahu seberapa besar kekhawatiran saya akan keadaan bayi saya, dan setiap hal kecil yang saya rasakan. Ada banyak sekali hal yang tidak diketahui.” Julie

“mengobrol dengan ibu hamil lain benar-benar membantu. Kegiatan semacam ini membantu saya menyadari bahwa saya bukan satu-satunya orang yang khawatir.” Diane

Meminta nasihat

Jika diri Anda senantiasa mengkhawatirkan setiap aspek dari kehamilan, hubungi dokter atau bidan. Mereka mungkin akan bisa menenangkan pikiran Anda.

Posting Komentar untuk "22. Kecemasan telah mengganggu kehamilan saya. Apa yang bisa saya lakukan?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG