Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15. Apa penyebab rasa mual di pagi hari dan apa yang bisa saya lakukan untuk menguranginya?

Apa penyebab rasa mual di pagi hari dan apa yang bisa saya lakukan untuk menguranginya?


Mual atau muntah dalam kehamilan diduga disebabkan oleh perubahan hormonal. Hampir semua wanita dengan cepat mengetahui apa yang mungkin memicu rasa mual dan menemukan cara sederhana untuk mengatasinya sampai rasa tersebut berlalu, biasanya di awal trimester kedua.

Namanya morning sickness (mual di pagi hari), tetapi mengapa saya merasa mual sepanjang hari?

Sebenarnya yang disebut ‘mual di pagi hari’ bisa terjadi di pagi, siang, ataupun malam hari. Tak ada penjelasan mengapa Anda merasa mual. Penyebabnya mungkin adalah gabungan perubahan fisik yang terjadi dalam tubuh Anda. Di antaranya adalah kenaikan pesat kadar estrogen, semakin tajamnya indera penciuman, kelebihan asam lambung, dan meningkatnya rasa lelah. Sebagian peneliti berteori bahwa stress dan emosi juga mungkin berperan dalam mual di pagi hari. Walaupun tak akan mengurangi rasa mual, akan terasa lebih tenang jika Anda tahu Anda tidak sendirian. Sekitar 75-80% calon ibu mendapatkan minggu-minggu awal kehamilan seperti naik kereta luncur yang panjang dan membuat mual. Menghadapi mual di pagi hari di tempat kerja juga bisa jadi sulit.

Apakah mungkin saya merasa mual selama hamil?

Tak ada dua kehamilan yang sama, dan begitu pula serangan mual di pagi hari. Rasa mual yang Anda rasakan bisa berlangsung antara beberapa minggu sampai beberapa bulan – atau lebih lama, walaupun jarang terjadi. Pada akhir bulan ketiga, sebagian besar wanita tak lagi merasa mual. Sayangnya, rasa muual yang ringan bisa timbul dan terjadi selama hamil. Ini seringkali dipicu oleh aroma tertentu, tetapi pemicu ini berbeda untuk setiap wanita.

Akankah mual di pagi hari memengaruhi bayi?

Rasa mual di pagi hari tak membahayakan kesehatan bayi Anda yang sedang tumbuh selama Anda bisa mengkonsumsi makanan secara seimbang dan banyak minum. Sebagian besar wanita yang mengalami mual di pagi hari cukup cepat mengetahui apa yang bisa dan tidak bisa dicerna, dan berapa kali mereka harus makan sepanjang hari. Buatlah percobaan untuk mencari tahu apa yang cocok bagi Anda. Jika rasa mual di pagi hari terasa sangat berat sampai tak ada makanan yang bisa masuk, carilah pertolongan medis.

Tips 
“Minyak peppermint membantu mengurangi rasa mual. Ketika saya mual, saya mendekatkannya ke hidung dan menghirupnya.”
“jika saya tidak cukup tidur, saya merasa tidak enak badan sepanjang hari berikutnya. Jika saya cukup tidur, rasa mual di pagi hari bisa saya atasi.”
“Es loli lemon benar-benar mengurangi rasa mual. Teman yang benar-benar parah mualnya bahkan pernah mencoba mengisap lemon asli.”
“Saya menemukan bahwa mengisap permen peppermint bisa membantu. Saya membawanya ke mana-mana sepanjang waktu.”

Apakah suplemen prapersalinan merangsang atau mengurangi mual di pagi hari?

Makan suplemen prapersalinan terkadang membuat rasa mual kehamilan lebih buruk, jadi cobalah untuk menghentikannya untuk sementara. Jika rasa mual membaik, tunggu beberapa hari sebelum memulai mengkonsumsi suplemen lagi. Karena zat besi bisa jadi sulit dicerna, jangan makan suplemen zat besi kecuali jika hasil tes darah menunjukkan Anda menderita anemia. Jika demikian, sebaiknya Anda mencoba berbagai merek karena bisa jadi ada yang cocok dan ada yang tidak. Jika masih sulit dicerna, pertimbangkan untuk makan sereal yang diperkaya vitamin setiap pagi. Pastikan Anda makan makanan yang kaya akan vitamin yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda yang sedang tumbuh.

Saya kerap muntah jadi sering kali tak ada makanan yang bisa masuk. Apa yang harus saya lakukan?

Segera bicarakan dengan dokter karena Anda mungkin mengalami hyperemesis gravidarum yang cukup jarang terjadi (arti secara harfiah ‘muntah-muntah berlebihan waktu hamil’). Walaupun terdengar mengerikan, keadaan ini bisa diobati. Jika tak diobati, muntah berlebihan bisa menyebabkan malnutrisi, dehidrasi, dan komplikasi lain bagi Anda dan bayi Anda. Dokter atau bidan bisa membantu Anda dengan memberikan resep khusus, menyarankan Anda untuk beristirahat total, bahkan merawat Anda di rumah sakit. Jika Anda di diagnosis mengalami dehidrasi, Anda mungkin dimasukkan ke rumah sakit untuk mendapat cairan melalui infus. Anda juga mungkin diberi obat untuk mengurangi rasa mual dan muntah dan membantu agar makanan bisa masuk.

Apakah gelang akupresur dan bagaimana alat ini membantu mengurangi rasa mual di pagi hari?

Ini adalah alat yang sederhana yang diciptakan untuk mencegah kendaraan, yang sudah membantu banyak wanita mengatasi mual di pagi hari. Kenakan agar tombol plastiknya menekan titik akupresur di pergelangan tangan, dan rasa mual akan terasa berkurang. Gelang akupresur tersedia di toko obat. 

Agar perut terasa nyaman mengudap biscuit jahe bisa membuat perut Anda terasa nyaman. Minumlah air – segelas air putih seringkali merupakan pilihan terbaik.

Fakta menarik – obat yang pernah dicoba

  • Untuk mencegah – atau paling tidak mengurangi – rasa mual Anda mungkin ingin mencoba hal-hal berikut:
  • Menyimpan biscuit polos atau kraker di samping tempat tidur. Mengudap sedikit dan kemudian beristirahat sebelum bangun dari tempat tidur.
  • Makanlah hidangan porsi kecil tapi sering karena lambung yang kosong bisa meningkatkan rasa mual. Makanan yang tinggi protein atau karbohidrat kompleks bisa membantu melawan rasa mual.
  • Cobalah menghindari makanan yang padat, pedas, asam, atau di goring, dan makanlah lebih sedikit lemak. 
  • Penting untuk tetap menjaga kadar air, tetap cobalah untuk hanya minum air di antara waktu makan, dan kurangi minum sambil makan.
  • Walaupun Anda mungkin tak bisa mencerna hidangan porsi besar, mengudap makanan yang rasanya hambar sepenjang hari bisa membuat Anda merasa lebih baik. Yang termasuk pilihan yang baik di antaranya adalah biscuit kering dan yogurt.
  • Ciumlah lemon. Bau irisan lemon bisa membantu mengurangi rasa mual. Tambahkan beberapa iris pada es atau air soda.
  • Minumlah teh jahe atau makan biscuit jahe. Jahe diketahui membuat perut terasa nyaman dan mengurangi mual.

Posting Komentar untuk "15. Apa penyebab rasa mual di pagi hari dan apa yang bisa saya lakukan untuk menguranginya?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG