Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14. Saya merasa sangat lelah saat hamil. Apakah ini akan berlangsung terus?

Saya merasa sangat lelah saat hamil. Apakah ini akan berlangsung terus?


Menumbuhkan manusia baru adalah pekerjaan yang sangat melelahkan, sehingga letih adalah salah satu gejala paling umum dalam kehamilan dini. Sayangnya, taka da obat untuk ini. Anda hanya harus menunggu sampai rasa letih berlalu (biasanya berkurang di trimester kedua), dan sementara itu sesuaikan gaya hidup Anda agar dapat istirahat dalam jumlah maksimal.

Mengapa kini saat saya hamil saya merasa sangat lelah?

Yang paling di ingat oleh banyak wanita tentang tahapan awal kehamilan adalah perasaan letih terus-menerus. Bahkan yang biasa begadang pun merasa harus berjuang untuk tetap terbangun. Selama hamil, tetapi terutama dalam trimester pertama, tubuh Anda bekerja sangat keras. Tubuh Anda membuat plasenta, dan kadar hormone serta metabolisme berubah sementara gula darah dan tekanan darah bisa jadi lebih rendah. Semua faktor ini turut menyebabkan timbulnya rasa letih.

Apakah saya akan terus merasa lelah sepanjang kehamilan?

Berbeda-beda bagi tiap orang, tetapi ibu hamil biasanya merasa letih dalam trimester pertama dan awal trimester kedua, tetapi kemudia perlahan-lahan mulai mendpatkan kembali energinya. Begitu bayi lahir, Anda mungkin akan mengingat kembali masa gangguan di malah hari ini dengan nostalgia. Jadi pertimbangkan untuk menambah waktu tidur sebisa mungkin (bisa jadi tak semudah itu jika Anda sudah punya anak atau bekerja penuh waktu). Adalah normal jika Anda kekurangan energy lagi sekitar bulan ketujuh kehamilan.

Saya mulai merasa mengantuk sekitar pukul 20:00 malam. Apakah ini normal?

Ya, ini adalah gejala paling umum dari kehamilan dini dan Anda tidak usah melawannya. Tubuh Anda mengirim pesan bahwa Anda (dan bayi Anda) perlu tidur lebih banyak. Lebih baik pergi tidur lebih cepat dari biasanya daripada jatuh tertidur di sofa. Dengan demikian, lebih banyak kesempatan bagi Anda untuk tertidur dalam waktu yang lama tanpa terganggu – daripada terbangun beberapa jam kemudian dan harus mematikan lampu serta menyeret diri sendiri ke tempat tidur, di mana Anda mungkin akan menatap langit-langit, berharap segera tertidur kembali.

Saya sangat letih di siang hari tetapi kemudian tak bisa tidur nyenyak di malam hari. Apa yang bisa saya lakukan?

Tergantung pada apa yang membuat Anda tetap terjaga. Jika Anda sulit tidur karena kerap pergi ke toilet, batasi minum sebelum waktu tidur dan kurangi minuman berkafein di siang hari – kafein merupakan diuretic dan akan membuat Anda lebih sering ingin buang air kecil. Bila Anda buang air kecil, condongkan badan ke depan sedikit untuk memastikan kandung kemih Anda benar-benar kosong. Jika masalahnya adalah masalah pencernaan, hindari mengkonsumsi makanan berlemak saat makan malam karena perlu waktu lebih lama untuk dicerna dan jauhkan diri dari makanan yang padat, pedas, asam, atau digoreng. Jika Anda merasa mual di malam hari, simpanlah cemilan sederhana, seperti kraker di nakas. Ada wanita yang merasa terganggu karena nyeri payudara. Jika ini masalahnya, cobalah mengenakan bra katun yang lembut di malam hari dan berlatihlah untuk tidur menyamping. Anda memang akan harus melakukannya jika perut sudah membesar.

Saya seringkali merasa sangat mengantuk di siang hari. Haruskah saya tidur siang?

Di awal kehamilan sangat umum jika Anda mengantuk di siang hari. Keinginan tidur sian
g yang tiba-tiba ini bisa disebabkan oleh meningkatnya kadar progesterone, hormon kehamilan yang juga menambah rasa kantuk. Sayangnya, taka da cara lain untuk mengatasinya selain beristirahat sebanyak Anda bisa dan tidur siang kapan pun suasana memungkinkan. Walaupun demikian, ingatlah bahwa tidur siang yang terlalu sore (atau lebih dari 30 atau 60 menit) bisa membuat Anda sulit tidur nyenyak di malah hari. Jika Anda bekerja, Anda mungkin harus sering-sering pergi ke ruang istirahat karyawan atau bahkan tidur di mobil dalam waktu makan siang. Jika tidur siang tidak menjadi pilihan, berjalan-jalan santai bisa membantu menyegarkan tubuh.

Tips praktis

Jangan mengandalkan penambah energy sekejap seperti kafein dan cokelat – Anda bisa merasakan luapan energy sesaat, tetapi Anda akan segera merasa sangat letih. Makan cemilan sehat seperti buah dan yogurt akan memberi Anda energy tanpa membuat Anda melempem. 

Tidur siang singkat

Untuk mengatasi kelelahan saat hamil, Anda harus menggunakan setiap waktu yang bisa Anda gunakan untuk tidur. Jika Anda tinggal agak jauh dari tempat kerja, rasa lelah bisa lebih buruk jadi pastikan Anda selalu mendapat tempat duduk sewaktu naik kendaraan umum.

Jika Anda tidak melakukan apa-apa lagi
  • Dengarkan sinyal tubuh Anda dan tidur siang kapan pun Anda bisa.
  • Cobalah menyesuaikan jadwal agar Anda bisa beristirahat.
  • Belajarlah untuk mengatakan “tidak” pada orang lain dan utamakan diri sendiri.
  • Pastkan Anda makan dengan baik.
  • Lupakan pekerjaan rumah tangga.

Posting Komentar untuk "14. Saya merasa sangat lelah saat hamil. Apakah ini akan berlangsung terus?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG