Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13. Apakah normal jika payudara terasa nyeri dan sensitif saat hamil?

Apakah normal jika payudara terasa nyeri dan sensitif saat hamil?


Nyeri pada payudara adalah salah satu tanda awal pasti kehamilan. Nyeri biasanya timbul sekitar usia empat sampai enam minggu, berlangsung sepanjang trimester pertama, dan terkadang lebih lanjut. Anda akan merasakan ukuran payudara membesar secara bertahap seiring berlanjutnya kehamilan sehingga Anda harus membeli bra baru.

Mengapa payudara saya sangat nyeri dan sensitif jika disentuh kini saat saya hamil?

Ketika tubuh Anda menyiapkan diri untuk bulan-bulan kehamilan yang akan datang, dihasilkan lebih banyak hormon estrogen dan progesteron, seperti setiap sebelum menstruasi. Sesungguhnya, rasa nyeri yang kini Anda rasakan mungkin merupakan versi yang lebih hebat dari yang dirasakan pada payudara Anda sebelum haid. Beserta lonjakan hormon, payudara Anda mulai membesar dengan menebalnya lapisan lemak dan bertambahnya kalenjar susu dan darah tambahan. Perubahan ini, walaupun terasa tak nyaman untuk sementara, memiliki tujuan penting: menyiapkan payudara Anda untuk menyusui.

Tanyakan pada ahlinya – Dr Morag Martindale dokter umum

Mengapa payudara meneteskan air susu pada kehamilan tua dan apakah ini akan terjadi pada saya?

Mungkin, tetapi jangan khawatir. Banyak calon ibu mengalaminya. Calon ibu yang lain tidak. Kedua-duanya normal. Cairan yang menetes dari payudara adalah kolostrum – cairan kental kekuningan yang memberikan zat gizi pada bayi dalam hari-hari pertama kehidupannya. Payudara Anda akan mulai menghasilkan kolostrum sekitar minggu ke-16 kehamilan, tetapi sebagian besar wanita tidak mengalami menetes sampai trimester ketiga. Anda mungkin juga mendapatkan payudara Anda menetes ketika bercinta, tetapi sekali lagi ini pun cukup normal. Jika menetes, biasanya hanya dalam jumlah kecil. Tetapi jika Anda mendapatkan timbulnya noda-noda basah yang memalukan, cobalah memasang bantalan payudara di dalam bra untuk melindungi pakaian. Anda bisa membelinya di sebagian besar  toko obat atau swalayan, dan Anda memang akan membutuhkannya jika Anda bermaksud untuk menyusui. Ingatlah untuk mengganti bantalan secara teratur sepanjang haris agar Anda tetap merasa segar dan nyaman.

Akankah saya merasa tak nyaman pada payudara sepanjang kehamilan?

Walaupun payudara Anda akan terus tumbuh selama kehamilan, rasanya lebih tidak nyaman di trimester pertama. Perubahan ukuran paling jelas pada kehamilan pertama dan rasa nyeri atau tak nyaman yangberhubungan dengan payudara kemungkinan akan berkurang di trimester kedua dan ketiga.

Payudara saya sudah membesar. Akan menjadi seberapa besarkah pada akhir kehamilan?

Banyak wanita terkejut akan betapa cepatnya pertumbuhan payudara dimulai. Pembesaran payudara biasanya dimulai di trimester pertama, terkadang bahkan dalam minggu-minggu awal kehamilan. Sebagian besar wanita sampai naik satu arau dua cup sepanjang kehamilan; adalah lazim jika berubah dari cup B ke D, misalnya. Di sisi lain, jangan khawatir jika payudara Anda tampaknya tida terlalu membesar – ini juga normal bagi sebagian wanita, dan tidak ada hubungannya dengan kemampuan Anda untuk menyusui.

Payudara saya terasa nyeri ketika bercinta. Akankah ini berlalu?

Merasakan denyutan atau gelenyar di payudara ketika darah mengalir deras pada awal fase ‘gairah’ saat bercinta adalah normal. Selama trimester pertama, Anda mungkin merasa tak senang jika payudara Anda disentuh tetapi ini akan berlalu pada tahap kehamilan selanjutnya.

Jenis bra seperti apa yang sebaiknya saya pakai?

Dianjurkan untuk mengenakan bra pendukung yang baik. Anda mungkin merasa bra dengan kawat kini terasa lebih tidak nyaman. Luangkan waktu untuk mengepas bra dengan ahlinya, mungkin di toko pakaian; jika tak ada seorang pun yang bisa membantu, ukur bagian bawah payudara untuk mendapatkan ukuran dan sekeliling bagian terbesar dari payudara untuk ukuran cup. Jika kedua ukuran tersebut sama, maka ukuran cup Anda adalah A. Jika payudara Anda 2,5 cm (1 inci) lebih besar ukuran cup Anda adalah C, dan seterusnya. Cobalah mengepas lebih dari sekali selama hamil, karena Anda mungkinakan perlu mengganti ukuran cup seiring pertumbuhan payudara. Bra katun lebih nyaman dan bisa bernapas dibandingkan dengan sintetis.

Untuk mencegah lecet, carilah bahan yang lembut dan halus tanpa jahitan di sekitar putting. Pikirkan baik-baik sebelum membeli bra dengan kaitan depan; sekarang mungkin terasa baik-baik saja, tapi dengan membesarnya perut, Anda akan merasakan kaitas tersebut menusuk tulang iga. Kenakan bra dengan ukuran pas dan mendukung ketika berolahraga karena payudara Anda terasa lebih berat. Bra tidur katun yang ringan akan membantu melindungi Anda dari rasa nyeri di malam hari dan bisa membantu mencegah agar tidak kendur. Belilah bra yang pas dengan posisi kaitan bukan di ukuran terkecil, jadi aka nada tempat untuk melonggarkannya. 

Perubahan payudara

Perubahan payudara

Hormone estrogen akan menyebabkan pertumbuhan saluran air susudi payudara selama hamil demi menyiapkan tubuh Anda untuk menyusui. Perubahan lain di payudara adalah timbulnya vena berwarna biru gelap karena peningkatan aliran darah, kulit gelap di sekitar putting menjadi semakin gelap dan timbulnya tonjolan di sekitar payudara yang disebut tuberculum Montgomery.

Posting Komentar untuk "13. Apakah normal jika payudara terasa nyeri dan sensitif saat hamil?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG