Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6. Bayi Anda pada usia 12 minggu - yang penting dalam trimester pertama

Bayi Anda pada usia 12 minggu - yang penting dalam trimester pertama

Fakta menarik – yang penting dalam trimester pertama bayi Anda

Selama trimester ini, bayi Anda akan:
Bertumbuh dari seukuran biji apel menjadi seukuran udang raja
Membentuk semua organ dan bagian tubuh yang diperlukan, termasuk jantung dan mata
Mulai bergerak, tapi Anda tak akan merasakannya sampai trimester kedua
Paling rentan di minggu ke-4 sampai ke-10, jadi cobalah lebih berhati-hati menjaga diri pada masa ini

Bayi Anda pada usia 12 minggu

Kepala bayi Anda besar dan ukurannya tidak proporsional dengan ukuran tubuhnya, keningnya menonjol karena otaknya yang sedang berkembang, dan matanya tertutup. Tampilannya tak diragukan lagi sudah bisa dikenali sebagai manusia. Matanya sudah pindah kebagian depan kepala, dan telinganya terletak di tempat yang tepat. Jemari tangannya segera akan mulai membuka dan menutup, jemari kakinya akan menekuk, otot-otot matanya akan menegang dan mulutnya akan membuat gerakan menghisap. Pada masa ini, jika Anda menyentuh perut Anda dengan jari, dia akan menggoyangkan tubuh kegelian, walaupun Anda tak akan merasakannya.

Perkembangan otak

Seiring pekembangan janin, sel-sel saraf janin bermultiplikasi dengan cepat dan mulai terbentuk sinaps (sambungan saraf dalam otak). Hasil pemindaian ultrasonic Doppler berwarna ini menunjukkan pembuluh darah dalam otak janin 12 minggu yang sehat. Ultrasonografi Doppler menggunakan suara frekuensi tinggi untuk mendeteksi apakah janin berkembang normal. Teknik ini, juga bisa mendeteksi gerakan, seperti aliran darah, dan menunjukkan aliran cairan kearah yang berbeda dalam warna yang berbeda.

Minggu 7 kehamilan

Pada minggu ini, embrio berukuran seperti kacang kecil. Jantungnya sudah terbagi menjadi bilik kanan dan kiri dan berdenyut sekitar 150 kali per menit – atau kurang lebih dua kali kecepatan jantung orang dewasa. Jemari tangan dan kaki berkembang. Sekitar tahap kehamilan ini, bayi mulai melakukan gerakan pertama, tetapi Anda belum akan merasakannya.

Minggu 8 kehamilan

Secara teoritis bayi Anda masih berupa embrio karena masih memiliki sisa ekor kecil, yang akan menjadi koksik atau tulang ekor. Jantung dan otak menjadi semakin kompleks, kelopak mata melipat dan terbentuk, bagian ujung hidung sudah ada, lengannya kini menekuk pada siku dan sedikit membengkok. Gigi dan langit-langit mulut mulai terbentuk, dan telinga terus berkembang. Kulit bayi setipis kertas, membuat pembuluh venanya terlihat.

Minggu 9 kehamilan

Ini adalah tahapan kritis saat pembentukan organ tubuh bayi. Dia kini cukup aktif-terus bergerak dan bergeser. Lenganya sudah tumbuh dan tangannya kini melipat di pergelangan dan bertemu di atas jantung. Tungkainya memanjang dan kakinya bisa cukup panjang untuk bertemu di bagian depan tubuh.

Minggu 10 kehamilan

Bayi Anda sudah tidak lagi berupa embrio dan kini secara resmi disebut janin. Berat bayi di bawah 10 gr tetapi siang untuk tumbuh pesat. Semua bagian tubuh sudah ada, termasuk lengan, tungkai, mata, dan organ lain, walaupun belum terbentuk sempurna. Janis kelamin janin belum bisa ditentukan melalui ultrasonografi, tetapi alat kelaminnya sudah mulai terbentuk. Pada saat ini plasenta mampu mendukung sebagian besar pekerjaan penting berupa produksi hormone.

Minggu 11 kehamilan

Ukuran tubuh bayi akan menjadi dua kali lipat dalam tiga minggu selanjutnya. Kini dia bisa menelan dan menendang, dan semua organ utama sudah terbentuk sempurna. Detail kecil mulai muncul, seperti kuku jari dan rambut. Organ kelamin luar mulai muncul dan dalam beberapa minggu akan berkembang cukup jelas sehingga mudah dikenali. Ususnya, yang mulai sebagai pembengkakan besar tali pusat, sekitar saat ini akan mulai bergerak ke rongga perut.

Minggu 12 kehamilan

Bayi sudah terbentuk sempurna, dan memiliki semua bagian tubuhnya mulai dari calon gigi sampai kuku jari kaki. Ukuran tubuhnya sekitar 6 cm, kira-kira seukuran ibu jari tangan Anda. Jemari tangan dan kakinya sudah terpisah dan sebagian tulangnya mulai mengeras. Dia sibuk menendang dan meregang; gerakannya sangat lentur shingga terlihat seperti balet dalam air. Jemari tangan dan kakinya telah terpisah sempurna dan wajahnya berubah. Matanya, yang pada awalnya terletak di bagian tepi kepala, telah bergerak semakin mendekat dan telinganya hampir terletak di posisi yang seharusnya.

Minggu 13 kehamilan

Inilah saat ketika jaringan dan organ yang sudah terbentuk dalam tubuh bayi Anda tumbuh pesat dan mengelami pematangan. Bayi sudah mendapatkan sebagian besar refleks dan siap bergerak jika Anda menekan perut; menyentuh telapak tangannya akan membuat jarinya mengepal, menyentuh telapak kakinya akan membuat jari kakinya terlipat, dan menyentuk matanya akan membuat otot matanya menegang.

Posting Komentar untuk "6. Bayi Anda pada usia 12 minggu - yang penting dalam trimester pertama"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG