Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8. 0-13 – Yang penting bagi Anda dalam trimester ini

0-13 – Yang penting bagi Anda dalam trimester ini

Selama trimester ini, Anda akan:

Kemungkinan besar mengalami mual, lelah, nyeri payudara, dan sering berkemih.
Mengalami kenaikan berat badan sekitar 2,25 g (5 lb).
Mengalami berbagai perubahan emosi.
Memerhatikan pembesaran ukuran dan perubahan bentuk payudara.
Bertemu dengan dokter untuk pertama kalinya 

Tubuh Anda pada 12 minggu

Pada mingu kehamilan Rahim Anda hampir cukup besar untuk mengisi rongga panggul. Anda mungkin bahkan bisa merasakan bagian atas Rahim – yang disebut fundus – di atas bagian tengah tulang pubis. Saat ukurannya mulai membesar, Rahim secara bertaham akan tumbuh melebihi ukuran panggul dan mulai naik ke rongga perut. Inilah saat ‘benjolan’ mulai terlihat dan kehamilan Anda akan lebih terlihat.
Pada saat ini tubuh Anda akan mulai menyesuaikan diri dengan perubahan kadar hormone, yang artinya mual di pagi hari serta emosi yang naik turun akan segera berakhir.

Kram 

Anda mungkin merasakan sedikit kram perut atau sensasi meregang pada awal kehamilan. Selama terasa ringan dan dalam waktu singkat, hal ini sangatlah normal dan bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan. Penyebab pada umumnya adalah Rahim yang tumbuh dan peregangan ligament perut untuk menampungnya. Selalu hubungi dokter atau bidan jika Anda mengalami kram yang menetap dan berat atau nyeri perut dengan atau tanpa gejala lain.

Minggu 8

Pada awal kehamilan, banyak wanita merasa seolah emosi mereka selalu naik turun – pada satu saat merasa bahagia karena hamil dan pada saat yang lain menangis membayangkan harus menjadi orangtua. Hal kecil saja bisa memengaruhi Anda. Anda akan menjadi lebih tenang bisa mengetahui bahwa perubahan suasana hati sering terjadi pada tahap ini dan ini disebabkan oleh perubahan hormonial. Hormon yang melonjak dan kecemasan kehamilan juga bisa membuat mimpi Anda seolah menjadi nyata.

Minggu 9

Kecil kemungkinan Anda mengalami kenaikan berat badan yang banyak, tetapi payudara Anda sudah akan berubah. Volume darah mungkin mulai meningkat; pada akhir kehamilan, Anda akan memiliki 40-50% lebih banyaj darah untuk memenuhi kebutuhan bayi. Tuntutan sirkulasi ekstra membuat Anda lebih mudah mengalami varises dan wasir.

Minggu 10

Secara fisik Anda mungkin tak terlihat hamil kecuali jika ini ukan kehamilan pertama, tetapi Anda mungkin merasa sangat lelah dan mual – meskipun tidak selalu di pagi hari – jadi jagalah diri Anda. Hormon kehamilan juga bisa mengacau dengan cara lain. Banyak wanita menderita nyeri kepala dan, sayangnya, hormone ini juga dapat menyebabkan infeksi vagina.

Minggu 11

Anda mendekati akhir tiga bulan pertama kehamilan – trimester pertama – dan Rahim Anda kini hampir cukup besar untuk mengisi rongga panggul. Walaupun Anda mungkin belum memerlukan pakaian dengan ukuran lebih besar sampai beberapa minggu lagi, Anda bisa memerhatikan bahwa pinggang Anda mulai membesar. Pastikan banyak minum; cobalah minum delapan gelas air setiap hari – batasi minuman berkafein. Jangan minum terlalu banyak mendekati waktu tidur untuk mengurangi kemungkinan Anda harus bangun dan buang air kecil di tengah malam. Jika tidur Anda terganggu karena hal lain, seperti kecemasan atau rasa tak nyaman secara fisik, jangan jadikan mengonsumsi obat sebagai kebiasaan.

Minggu 12

Anda harus sudah menjalani pemeriksaan kehamilan dengan bidan atau dokter, yang biasanya disebut janji temu konsultasi. Dalam pertemuan ini bidan akan mengatur jadwal perawatan selama kehamilan dan dalam minggu-minggu setelah persalinan. Dia juga akan melakukan pemeriksaan darah dan urin dan bertanya tentang riwayat medis serta gaya hidup Anda serta pasangan.

Salah satu bagian yang mengasyikkan dari kunjungan prapersalinan adalah mendengar denyut jantung bayi yang cepat yang diperkuat melalui alat pendengar Sonicaid yang banyak digunakan oleh bidan. Jangan kaget jika bidan tak berhasil mendapatkan suara jantung pada tahap ini (beberapa bidan bahkan tak akan mencoba melakukannya pada usia kehamilan sedini ini karena mereka tidak ingin Anda khawatir akan sesuatu yang tidak perlu) – akan lebih mudah untuk dilakukan dalam janji temu berikutnya, beberapa minggu kemudian.

Minggu 13

Pada tahap ini, mungkin rasa mual Anda akan mulai berkurang dan Anda akan segera merasa lebih berenergi. Anda mungkin juga merasa lebih aman karena risiko keguguran sekarang sudah turun drastis. Mungkin tampak sulit dipercaya jika Anda masih mengalami mual di pagi hari, tetapi Anda akan segera mendapatkan kembali nafsu makan Anda. Pastikan Anda mendapa semua zat gizi yang diperlukan oleh Anda dan bayi Anda dan berhati-hatilah terhadap makanan yang tak seharusnya dimakan semasa hamil.

Posting Komentar untuk "8. 0-13 – Yang penting bagi Anda dalam trimester ini"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG