Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

42. Apakah kenaikan berat badan saya semasa hamil dianggap normal?


Kisaran kenaikan berat badan dalam kehamilan yang dianggap normal cukup luas, jadi jangan terlalu fokus pada kenaikan berat badan, dan ingat, berat badan Anda akan dipantau oleh bidan saat pemeriksaan prapersalinan. Secara umum, Anda hanya harus menghindari titik ekstrem kenaikan berat badan yang terlalu banyak atau terlalu sedikit.

Saya khawatir kenaikan berat badan saya terlalu banyak. Bagaimanakah yang normal?

Hal ini bersifat individual untuk setiap wanita jadi tidak mungkin memperkirakan berapa kenaikan berat badan yang akan Anda alami. Rata-rata kenaikan berat badan adalah sekitar 11 kg (24,2 lb), tetapi jumlah kenaikan berat badan akan tergantung pada berapa berat badan Anda sebelum hamil atau yang lebih akurat, berapa indeks massa tubuh – IMT -  Anda. Terimalah kenaikan badan selama hamil. Ditakdirkan demikian karena tubuh Anda berubah untuk memberi bayi Anda awal terbaik dari kehidupan. Ingat, sebagian besar kenaikan berat badan disebabkan oleh bayi dan sistem pendukungnya.

Tanyakan pada ahlinya – Fiona Ford Ahli Diet

Benarkah ada hubungan antara kenaikan berat badan semasa hamil dan kanker payudara?

Tidak secara langsung, tetapi penelitian menunjukkan bahwa wanita dengan kenaikan berat badan yang banyak semasa hamil dan tidak mengalami penurunan setelahnya memiliki kemungkinan lebih besar untuk menjadi obesitas. Dalam tahap kehidupan selanjutnya, ini akan membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit yang terkait obesitas, seperti diabetes, penyakit jantung, dan kanker, termasuk kanker payudara. Para ahli menganjurkan para wanita untuk memerhatikan gaya hidup semasa hamil dan khususnya melakukan olahraga teratur. Juga merupakan gagasan yang baik untuk mencoba menghilangkan kelebihan ‘berat bayi’ setelah bayi Anda lahir.

Haruskah saya makan untuk dua orang?

Tubuh Anda menjadi lebih efisien ketika Anda mengandung, dan bahkan menggunakan energi dari makanan lebih baik lagi. Rata-rata wanita tak memerlukan kalori ekstra dalam enam bulan pertama kehamilan dan hanya sekitar 200 kalori ekstra per hari selama tiga bulan terakhir. Jumlah kalori ini ekivalen dengan: dua iris roti gandum panggang dengan margarin atau mentega; kentang yang direbus dengan kulitnya ditambah 28 g (1 ons) keju; atau satu iris keju dengan roti panggang.

Saya selalu memiliki masalah berat badan berlebih. Bagaimana saya mengatasi kenaikan berat badan?

Jika Anda berjuang menurunkan berat badan, Anda mungkin sulit menerima kewajaran naiknya berat badan. Normal saja merasa cemas melihat pergeseran angka di timbangan, tetapi kenaikan berat badan yang terjadi dalam kehamilan penting bagi kesehatan bayi. Sesungguhnya, kenaikan berat badan yang kurang meningkatkan kemungkinan bayi Anda juga tak akan mengalami kenaikan berat badan yang benar dan bisa lahir prematur.

Saya diabetes. Apakah saya harus memerhatikan secara khusus apa yang saya makan?

Ya, khususnya penting bahwa Anda mulai hamil dengan IMT yang sehat. Bayi yang lahir dari ibu diabetes bisa tumbuh sangat besar dan ada risiko pada kesehatan bayi jka kadar gula darah tidak dijaga agar tetap stabil. Anda harus bertanya pada perawat kesehatan Anda mengenai diet terbaik untuk menjaga kesehatan Anda dan bayi Anda. Hampir semua rumah sakit ibu dan anak memiliki tim dokter dan perawat khusus yang dilatih secara khusus untuk merawat wanita diabetes selama hamil.

Kalori ektra

Dalam bulan-bulan terakhir kehamilan, cobalah untuk makan 200 kalori tambahan setiap hari. Sumber yang bagus adalah kentang rebus kulit dengan keju, atau dua iris roti, dan mentega.

Seberapa cepat penurunan berat badan setelah bayi lahir?

Walaupun Anda mungkin tak akan kembali ke ukuran badan sebelum hamil dan beberapa waktu, Anda akan mengalami penurunan berat badan dalam jumlah signifikan segera setelah bersalin, ketika terlepas dari bayi dan sistem pendukungnya.

Sepanjang kehamilan, sel-sel tubuh Anda bekerja keras menahan air untuk menjaga volume darah dan membuat cairan amnion, dan kini semua cairan ekstra tersebut akan dikeluarkan.

Anda akan mengeluarkan lebih banyak air seni dari biasanya dalam hari-hari pertama setelah bersalin dan berkeringat lebih banyak dari biasanya. Pada akhir minggu pertama, Anda akan mengalami penurunan sekitar 1,8 kg (4 lb) dari berat air, tergantung pada berapa banyak air yang ditahan selama kehamilan. Seberapa cepat kemudian berat badan Anda akan terus turun tergantung pada faktor gaya hidup, seperti olahraga dan diet Anda.

Fakta menarik – ke mana perginya berat badan

Bayi Anda dan sistem pendukungnya merupakan bagian terbesar dari kenaikan berat badan yang Anda alami. Berikut panduan perkiraannya:

  • Berat badan bayi Anda saat lahir sekitar 3,3 kg (7,3 lb).
  • Selama hamil, lapisan otot Rahim sangat menebal dan berat tambahannya 900 g (2 lb).
  • Plasenta, yang memberi zat gizi bagi bayim beratnya 600 g (1,3 lb).
  • Payudara Anda membesar dengan berat tambahan 400 g (0,9 lb).
  • Volume darah Anda meningkat dan berat tambahannya 1,2 Kg (2,6 lb).
  • Ada cairan tambahan dalam tubuh Anda, yang beratnya 2,6 Kg (5,7 lb).
  • Anda memiliki sekitar 2,5 Kg (5,5 lb) lemak tambahan untuk memberi Anda energi ekstra untuk menyusui.

Pengalaman pembaca

“Saya sedikit kaget pada betapa saya sudah merasa sangat besar dan canggung. Saya tak pernah mengalami kenaikan berat badan demikian banyak begitu cepat, dan saya sebal pada bokong dan paha yang semakin membesar. Walaupun demikian, ada dua hal yang membuat saya tidak merasa terlalu depresi, yaitu: mengetahui bahwa kenaikan berat badan ini normal dan baik bagi bayi saya, dan bahwa suami saya menyukai bantalan yang berlebihan ini!” Rosi

“Saya mencoba sangat keras untuk menyerah pada kenyataan bahwa berat badan saya ini naik karena saya hamil, dan yakin bahwa berat badan ini akan turun kembali setelah saya melahirkan. Saya tentu saja merasa jauh lebih baik sejak membuang timbangan berat badan!” Dina

“Bidan saya mengatakan agar tidak terlalu mengkhawatirkan kanaikan berat badan. Dia meyakinkan bahwa jika menurutnya kenaikan berat badan saya terlalu banyak, dia akan mengatakannya dan memberi saya nasihat yang tepat.” Natali

Selanjutnya: 43. Apakah masih aman untuk berolahraga di semester kedua?

Posting Komentar untuk "42. Apakah kenaikan berat badan saya semasa hamil dianggap normal?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG