Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

33. Bagaimana pemantauan kehamilan saya?

Bagaimana pemantauan kehamilan saya?


Pemeriksaaan prapersalinan teratur adalah kesempatan bagi bidan untuk memeriksa kemajuan kehamilan dan perkembangan bayi yang akan dicatat dalam catatan kehamilan. Jika bidan menemukan sesuatu yang mengkhawatirkan, dia akan menganjurkan pemindaian lebih lanjut tetapi biasanya merupakan tindakan berjaga-jaga dan bukan alasan untuk menjadi khawatir.

Apa yang dimaksud dengan catatan kehamilan pribadi?

Ketika Anda mendaftarkan diri untuk pemeriksaan kehamilan, Anda akan diberi catatan kehamilan pribadi. Anda harus membawanya pada setiap janji temu prapersalinan dan memberikannya pada bidan ketika Anda bersalin. Ingatlah untuk membawanya ketika Anda pergi berlibur. Jika Anda memerlukan perawatan medis ketika sedang bepergian, catatan ini akan memebrikan informasi yang berharga bagi orang yang merawat Anda. Begitu pula jika Anda ingin menghubungi professional kesehatan dalam keadaan darurat, semua nomornya tertera di bagian depan catatan ini. Dalam catatan ini terdapat informasi yang tepat bagi bidan dan dokter tentang kemajuan kehamilan. Akan ada singkatan-singkatan yang digunakan dalam catatan.

Saya diberitahu bahwa fundus saya tinggi. Apa artinya?

Tinggi fundus adalah pengukuran dari bagian ujung atas tulang pubis ke bagian puncak Rahim. Pemeriksaan dengan pita (dalam sentimeter) harus sama dengan jumlah minggu kehamilan plus minus dua sentimeter, tetapi pemeriksaan ini bisa beragam tergantung ukuran dan bentuk tubuh Anda. Wanita yang mengandung anak kedua atau seterusnya cenderung memiliki ukuran Rahim yang lebih besar dibandingkan usia kehamilan dalam trimester pertama dan kedua, mungkin karena otor mereka telah melemah akibat kehamilan sebelumnya. Jika tinggi fundus lebih besar dari usia kehamilan, mungkin juga ini merupakan tanda anak kembar, adanya fibroid Rahim, bayi yang besar, atau salah ukur. Penjelasan yang paling mungkin adalah semuanya normal dan taka da yang perlu dikhawatirkan, tetapi pemindaian ultrasonic mungkin dianjurkan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Memeriksa perkembangan Anda

Seiring dengan pertumbuhan kehamilan Anda, perut Anda akan diukur dengan menggunakan pita meteran. Hal ini akan mengindikasikan seberapa besar bayi Anda bertumbuh.

Apa artinya “kecil usia kehamilan”?

Artinya bayi Anda lebih kecil dari yang diharapkan untuk tahap kehamilan tersebut. Bisa jadi ini disebabkan oleh sedikitnya jumlah cairan amnion yang mengelilingi bayi, yang akan membuat Anda nampak lebih kecil walaupun ukuran tubuh bayi Anda normal. Tinggi badan, bentuk, dan otot perut juga bisa memengaruhi pengukuran, begitu pula kenyataan bahwa kecepatan pertumbuhan bayi berbeda-beda dan pengukuran dilakukan terhadap ukuran rata-rata.

Sebagian bayi tampak lebih kecil untuk sementara waktu dan kemudian tumbuh dengan cepat. Akan tetapi, ‘kecil usia kehamilan’ juga bisa merupakan pertanda adanya masalah yang disebut dengan keterlambatan pertumbuhan dalam Rahim atau intrauterine growth restriction (IUGR), di mana plasenta tidak bekerja seperti seharusnya.

Dalam hal ini, pemindaian ultrasonik mungkin akan dianjurkan untuk mengukur bagian-bagian tubuh bayi yang lain dan Anda mungkin menjalani pemindaian ulang dua atau tiga minggu kemudian untuk memeriksa pertumbuhan bayi. Jika ada kehawatiran tentang ukuran tubuh bayi, istirahat akan cukup efektif karena dapat meningkatkan aliran darah plasenta.

Saya mengandung anak kedua. Mengapa saya menjalani sedikit sekali pemeriksaan kali ini?

Ini mungkin karena kehamilan Anda yang pertama normal. Sampai saat ini, ada pola yang tetap untuk pemeriksaan kehamilan. Anda akan bertemu bidan untuk pertama kali sekitar usia kehamilan 12 minggu dan secara keseluruhan menjalani pemeriksaan prapersalinan sebanyak 12-15 kali.

Pedoman standar kini menganjurkan 10 kali pemeriksaan pada kehamilan pertama dan tujuh kali pada kehamilan selanjutnya, jika kehamilan Anda tanpa komplikasi. Janji temu prapersalinan akan dirancang sesuai kebutuhan Anda, dan Anda akan menyadari, walaupun jumlah konsultasi lebih sedikit, tetapi dilakukan lebih lama. Jika timbul masalah, Anda akan diperiksa lebih sering.

Fakta menarik – memahami catatan kehamilan

Berikut beberapa singkatan yang biasa dipakai:

  • Usia kehamilan: 24+3 (usia kehamilan 24 minggu dan tiga hari)
  • Tekanan darah: 120/70 (angka bawah tidak boleh lebih dari 90)
  • Urine: PGO (apakah dalam sampel air seni Anda terkandung protein, Glukosa, atau yang lain – Other)

Presentasi atau letak janin:

  • Cephalic (atau ceph) – kepala di bawah.
  • BR – bokong di bawah atau sungsang.
  • LOA – Oksipitoanterior kiri: bagian belakang kepala bayi terletak di sisi kiri dan menghadap ke bagian depan perut.
  • ROA – Oksipitoanterior kanan: bagian belakang kepala bayi terletak di sisi kanan dan menghadap ke bagian depan perut.
  • LOP – Oksipitoposterior kiri: bagian belakang kepala bayi terletak di sisi kiri dan menghadap ke bagian belakang perut.
  • ROP – Oksipitoposterior kanan: bagian belakang kepala bayi terletak di sisi kanan dan menghadap ke bagian belakang perut.

Denyut jantung atau aktivitas:

  • FHH – bunyi jantung janin terdengar.
  • FHNH – bunyi jantung janin tidak terdengar (mungkin karena posisi bayi tidak tepat).
  • FMF – gerakan janin terasa.
  • FMNF – gerakan janin tidak terasa.

Jika Anda tidak melakukan hal lain

  • Hadiri setiap janji temu prapersalinan
  • Tuliskan pertanyaan yang akan diajukan pada bidan untuk mendapatkan yang terbaik dari perawatan prapersalinan
  • Simpan baik-baik catatan kehamilan dan bawalah jika Anda pergi berlibur

Selanjutnya: 34. Pemeriksaan apa yang akan saya jalani di trimester kedua?

Posting Komentar untuk "33. Bagaimana pemantauan kehamilan saya?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG