Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

38. Bagaimana caranya agar saya bisa tidur lebih banyak di trimester kedua?

Bagaimana caranya agar saya bisa tidur lebih banyak di trimester kedua?


Dalam trimester ini Anda mungkin sulit merasa nyaman di tempat tidur dan terganggu oleh mimpi aneh yang terkait dengan kehamilan. Walaupun mungkin Anda tidak selelah seperti dalam trimester pertama, masih penting untuk mencari cara agar bisa mendapat tidur yang berkualitas baik.

Saya sulit merasa nyaman di tempat tidur. Apa yang bisa saya lakukan?

Menggunakan bantal untuk menyangga perut dan punggung bisa membedakan antara malam tanpa tidur dengan tidur yang nyenyak. Bantal biasa bisa dipakai, tetapi Anda mungkin ingin berinvestasi dalam bantal kehamilan: bantal berbentuk baji untuk menyangga perut ketika Anda berbaring menyamping. Anda juga bisa menggunakannya untuk mengangkat tubuh sedikit miring ketika Anda berbaring telentang. Bantal sepanjang badan adalah bantal besar dengan panjang paling sedikit 1.5 m (5 kaki) dan dirancang untuk menyangga punggung dan melindungi perut. Anda juga bisa membeli bantal berbentuk kacang yang menyangga perut dan punggung, dan ini juga bisa menjadi bantal yang berguna ketika Anda menyusui nanti.

Tanyakan pada ahlinya – DR Morag Martindale Dokter Umum

Saya mendengar bahwa saya harus tidur menyamping. Mengapa?

Begitu Anda melewati setengah bagian kehamilan, hindari tidur telentang, posisi yang meletakkan seluruh beban Rahim pada tulang belakang, otot punggung, usus, dan vena cava inferior (vena yang mengantarkan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung). Tidur telentang juga bisa meningkatkan risiko nyeri punggung, wasir, gangguan pencernaan, kesulitan pernapasan dan perubahan sirkulasi serta tekanan darah. Agar tidak demikian, tidurlah menyamping, lebih baik ke sisi kiri. Walaupun tak ada bahaya bila tidur di sisi kanan, berbaring menyamping ke kiri menguntungkan bagi Anda dan bayi Anda: memperbaiki aliran darah dan zat gizi ke plasenta serta membantu ginjal mengurangi produk buangan dan kelebihan cairan. Ini, pada gilirannya, mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki, kaki, dan tangan. Jika Anda terbangun dan mendapatkan diri berbaring telungkup atau telentang, jangan khawatir.

Mungkinkah makanan saya memengaruhi kualitas tidur?

Ya, apa yang Anda makan, dan yang lebih penting kapan Anda memakannya, bisa memengaruhi kualitas tidur. Misalnya, minum segelas susu hangat diketahui membantu tidur dan sebagian ahli meyakini bahwa makanan yang tinggi karbohidrat, seperti roti dan pasta, bisa memudahkan tidur, jadi pastikan camilan malam hari Anda berupa sandwich tinggi karbohidrat atau sepotong roti panggang. Tetapi jika Anda mengalami gangguan pencernaan atau sindrom tungkai gelisah, Anda harus mencari pilihan lain karena gejala bisa memburuk jika Anda makan karbohidrat.

Jika mimpi buruk, nyeri kepala, atau rona panas mengganggu tidur, penyebabnya mungkin rendahnya gula darah. Tepat sebelum pergi tidur, makanlah camilan tinggi protein, seperti telur kocok dengan roti panggang atau kacang dengan roti panggang. Atau menjaga kadar gula darah tetap tinggi di malam hari.

Jika Anda sering lapar di malam hari, simpan camilan sehat pada nakas di samping tempat tidur agar Anda tidak usah bangkit dari tempat tidur, yang bahkan bisa mengganggu istirahat.

Minuman sebelum tidur

Asam Amino I-triptofan (terdapat dalam susu dan makanan lain, seperti daging kalkun dan telur) diduga membuat kelopak mata menjadi berat dengan meningkatkan kadar bahan kimia dalam otak yang disebut serotonin).

Saya merasa tegang dan terlalu lelah dan tidak bisa langsung tertidur ketika berbaring. Apa yang bisa saya lakukan agar merasa lebih santai?

Anda harus menenangkan pikiran dan melakukan relaksasi otot agar bisa tidur nyenyak. Cobalah yoga ringan dan latihlah peregangan – tetapi jangan terlalu keras, karena berolahraga sebelum tidur bisa membuat Anda terjaga. Bernapas dalam dan berirama bisa mengurangi ketegangan otot, memperlambat denyut jantung, dan membantu Anda tertidur.

Terakhir, coba membuat khayalan. Bayangkan diri Anda di tempat yang tenang dan santai, seperti pantai pasir yang hangat. Bayangkan setiap detail, termasuk suara, bau, rasa, dan tekstur. Ini bisa memerlukan latihan, tetapi membuat khayalan bisa menenangkan pikiran yang gelisah atau cemas dan membantu tidur.

Amankah menggunakan terapi tambahan untuk membantu kita lekas tertidur?

Minyak esensial tertentu, seperti lavender, bisa membantu agar Anda bisa tidur nyenyak di malam hari, khususnya bila digabungkan dengan minyak dasar untuk pijat santai sebelum pergi tidur. Akan tetapi, minyak esensial seharusnya hanya digunakan dalam kehamilan di bawah pengawasan ahli aromaterapi. Pengobatan herbal tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk tumbuhan segar atau kering, pil, larutan dalam alkohol/tinktur, dan bubuk. Walaupun digolongkan sebagai alternative yang alamiah dari obat tertentu, herbal bisa sama kuatnya atau bahkan beracun. Bicarakan dengan herbalis terdaftar sebelum mengkonsumsi pengobatan herbal dalam kehamilan.

Saya mengalami mimpi yang aneh. Apakah ini normal dalam kehamilan?

Ya, jika mimpi Anda tampak lebih aneh dari biasanya, berisi gambaran seks, hewan yang bisa berbicara, dan bangunan yang tinggi besar, Anda bisa menggolongkannya sebagai gabungan dari progesterone yang meningkat dalam peredaran darah dan gairah serta kecemasan tentang kehamilan dan menjadi ibu. Alasan lain mengapa mimpi Anda bisa berubah mungkin adalah karena siklus mimpi dalam tidur REM lebih sering terganggu karena sering terbangun di malam hari.

Hanya untuk para ayah

Apa yang diimpikan oleh calon papa

Perasaan gembira, penantian, dan kecemasan bisa membuka gerbang banjir mimpi.

Trimester pertama: Anda mungkin lebih sering mengalami mimpi seksual. Ini bisa jadi karena perasaan protektif dari seorang pria terhadap istri dan calon anaknya mungkin mengancam kejantanannya. Mimpi seksual dan bayangan macho lainnya (seperti menjadi juara sepakbola) bisa merupakan ekspresi dari kebutuhan untuk menjadi lebih ‘maskulin’.

Trimester kedua: Anda mungkin memimpikan latar belakang keluarga, atau bahwa Anda hamil dan melahirkan. Ini bisa jadi karena Anda ingin berbagi pengalaman hamil. Calon ayah seringkali merasa ditinggalkan dalam tahap kehamilan ini dan mungkin bermimpi bahwa mereka dikucilkan dan sendirian.

Trimester ketiga: Anda mungkin bermimpi menemukan bayi atau diberi bayi, terkadang melalui upacara atau ritual tertentu. Anda mungkin memimpikan perayaan kelahiran anak Anda. Mimpi ini merupakan pertanda penerimaan dan penghargaan atas bayi.

Posting Komentar untuk " 38. Bagaimana caranya agar saya bisa tidur lebih banyak di trimester kedua?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG