Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

48. Kapan saya harus memberitahu atasan bahwa saya hamil?

 

Kapan saya harus memberitahu atasan bahwa saya hamil?

Sebagian besar wanita menunggu sampai trimester kedua untuk mengumumkan kehamilannya di tempat kerja, di saat perubahan fisik sudah mulai jelas. Jika Anda bermaksud mengambil cuti dan mengklaim Statuory Maternity Pay (Tunjangan kehamilan menurut undang-undang di Inggris), terdapat minggu resmi kehamilan di mana Anda secara hokum diwajibkan menginformasikan pada atasan bahwa Anda hamil.

Kapan saya harus memberitahu atasan bahwa saya sedang mengandung?

Anda harus mengabarkan pada atasan tentang kehamilan Anda 15 minggu sebelum tanggal perkiraan kelahiran (ini disebut minggu pemberitahuan atau minggu kualifikasi). Tandai waktu ini dengan menghitung hari minggu sebelum tanggal perkiraan, atau di tanggal tersebut jika bayi Anda akan lahir di hari minggu, dan hitung 15 minggu ke belakang.

Selama minggu pemberitahuan, Anda harus memberitahu atasan bahwa Anda hamil dan berniat mengambil cuti melahirkan, bahwa Anda ingin mendapat Statutory Maternity Pay (SMP) dan tanggal Anda berencana mulai mengambil cuti melahirkan (tidak boleh kurang dari 11 minggu sebelum tanggal perkiraan). Anda bisa memberitahu atasan lebih awal bahwa Anda hamil jika Anda mau tetapi tidak lebih lambat, atau Anda berisiko kehilangan hak Anda. Atasan Anda akan membalas dalam 28 hari, menyatakan tanggal berapa Anda diharapkan kembali bekerja jika Anda mengambil seluruh hak Anda. Jika Anda ingin mengubah tanggalnya, Anda harus memberitahukan 28 hari sebelumnya.

Bagaimana jika saya menerima reaksi negative terhadap kehamilan saya?

Semakin banyak perusahaan mendukung keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan, dan memahami manfaatnya baik bagi karyawan maupun bagi perusahaan. Akan tetapi, mungkin Anda akan menemukan prasangka di tempat kerja. Sebagian wanita hamil merasa harus membuktikan diri sebagai pekerja yang kompeten dan akhirnya bekerja lebih lama dari biasanya. Sebagian mendapatkan bos mereka kecewa, bahkan marah pada berita tersebut. Jika ini terjadi pada Anda, pastikan Anda memiliki informasi yang benar tentang hak Anda. Tetap tenang, dan perlakukan masalah ini seperti jika Anda menghadapi masalah professional apa pun. Kelompok pendukung, seperti Paguyuban Ibu Hamil akan bisa memberi Anda informasi terkini tentang kehamilan dan bekerja.

Apakah saya akan berhak mendapat tunjangan kehamilan?

Tergantung pada berapa lama Anda telah bekerja di pekerjaan Anda sekarang, Anda mungkin berhak mendapat Statutory Maternity Pay atau Maternity Allowance (Tunjangan Kehamilan di Inggris). Lamanya cuti juga tergantung pada lamanya pengabdian Anda pada perusahaan. Selalu baca kontrak karena Anda mungkin menemukan Anda memiliki skema kehamilan di tempat kerja yang memberi Anda hak, pembayaran kehamilan dan manfaat lebih dari paket dasar yang menjadi hak Anda menurut hokum.

Bisakah saya berhenti bekerja jika saya mengalami komplikasi kehamilan?

Bicarakan dengan dokter, karena ini akan tergantung dari kondisi Anda. Anda mungkin disarankan untuk berhenti jika sebelumnya Anda melahirkan bayi premature, mengidap diabetes atau tekanan darah tinggi, memiliki riwayat keguguran atau jika Anda mengandung lebih dari satu bayi.

Saya lebih suka memiliki lebih banyak waktu cuti setelah bayi lahir. Bisakah saya memilih untuk bekerja sampai tanggal perkiraan?

Ya, Anda boleh memilih kapan Anda mulai mengambil cuti melahirkan. Satu-satunya perkecualian adalah jika Anda sakit dengan penyakit terkait kehamilan dalam empat minggu terakhir sebelum tanggal perkiraan. Dalam hal ini, atasan berhak meminta Anda untuk memulai cuti melahirkan saat itu juga.

Mendekati akhir kehamilan, Anda mungkin merasa cepat lelah, jadi bersikaplah setenang mungkin. Dan jangan menjadi pahlawan – jika Anda mampu mengambil cuti melahirkan beberapa minggu atau bahkan bulan sebelum tanggal perkiraan, mengunakan untuk beristirahat, menyiapkan dan memanjakan diri. Ingat bahwa ini mungkin waktu berkualitas terakhir yang Anda miliki bagi diri sendiri untuk beberapa waktu ke depan.

Fakta menarik – Hak Anda

  • Tanpa melihat berapa lama Anda telah bekerja bagi suatu perusahaan dan berapa jam Anda bekerja, berikut hak-hak Anda di tempat kerja:
  • Atasan harus melakukan penilaian risiko di tempat kerja dan menghormati hak Anda untuk mendapatkan penanganan yang adil dan waktu luang untuk melakukan pemeriksaan prapersalinan.
  • Adalah menentang hukum jika atasan memberhentikan Anda, memperlakukan Anda secara tidak adil atau memilih Anda untuk perampingan dengan alasan apa pun yang berhubungan dengan kehamilan, melahirkan, atau cuti melahirkan.
  • Anda berhak untuk mendapatkan penolakan tak beralasan atas waktu luang yang Anda perlukan untuk melakukan pemeriksaan prapersalinan dan dibayar dalam waktu luang tersebut. Ini termasuk waktu yang diperlukan untuk pergi ke klinik atau dokter.

Catatan: Pemeriksaan prapersalinan bisa mencakup kelas orangtua, tetapi Anda mungkin memerlukan surat dari dokter. Atasan bisa meminta melihat kartu janji temu dan dokumen yang menyatakan bahwa Anda hamil.

Posting Komentar untuk "48. Kapan saya harus memberitahu atasan bahwa saya hamil?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG