Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

41. Mengapa saya mengidam makanan saat hamil?

41. Mengapa saya mengidam makanan?


Hampir semua wanita hamil mengidam makanan tertentu pada masa kehamilanya. Walaupun tidak apa-apa makan makanan yang tak menyehatkan sesekali, jika hanya ini yang ingin Anda makan, tetap penting untuk mencari cara mengendalikan mengidam agar diet Anda secara keseluruhan masih bergizi dan seimbang.

Saya mengidam beberapa jenis makanan tertentu sejak mulai hamil. Apakah ini normal?

Ya, yang Anda alami sangat umum dalam kehamilan. Menginginkan sejenis makanan tertentu adalah bagian yang tak terelakkan dari mengandung bayi. Nyatanya, sekitar 85% dari calon ibu melaporkan paling tidak satu jenis makanan idaman utama. Perilaku mengidam ini sering kali tampak datang entah dari mana dan memiliki kekuatan keinginan yang besar. Beberapa jenis makanan yang paling umum diinginkan oleh wanita yang mengidam adalah cokelat, buah sitrus, acar, keripik, dan es krim. 

Yang paling tidak diinginkan adalah kopi, teh, makanan yang digoreng atau yang berlemak, berbumbu, daging, dan telur. Para ahli masih tak habis pikir tetang apa tepatnya penyebab fenomena ini – tak seorang pun tahu pasti apakah mengidam berhubungan dengan perubahan hormonal atau masalah emosional atau gabungan keduanya. Tampaknya perubahan hormonal bisa memiliki dampak yang besar pada pengecap dan penghirup, tetapi para ahli bersikap skeptis terhadap pandangan mengidam benar-benar hanya disebabkan hormon.

Apakah mengidam makanan merupakan tanda bahwa diet Anda kekurangan salah satu jenis zat gizi?

Ada praktisi kedokteran alternative yang meyakini bahwa mengidam cokelat mungkin dipicu oleh kurangnya vitamin B. begitu pula, mengidam daging merah merupakan tanda kurangnya protein. Tetap saja, hubungan antara kebutuhan tubuh dan makanan yang Anda idamkan tetap lemah.

Pengalaman pembaca

“Saya senang es krim, dan jika saya membeli satu ember, saya tak bisa menahan diri dan makan semuanya! Jadi saya tidak lagi menyimpan stok di rumah, melainkan pergi dan membeli sesendok es krim dengan kue”. Ana

“Terkadang hanya menghisap permen sajalah yang saya perlukan untuk mengatasi mengidam”. Laura

“Yang saya idamkan adalah kentang tumbuk dan saus daging. Saya rasa saya bisa menjalani sepanjang kehamilan hanya makan itu”. Valerin

Haruskah saya mencoba menguatkan diri dan tidak menyerah pada keinginan mengidam makanan?

Ini sangat tergantung pada jenis makanan apa yang Anda inginkan. Jika dorongan Anda untuk mendapatkan gula dan lemak terlalu kuat untuk dilawan, silahkan nikmati sesekali. Tetapi pikirkan juga zat gizi yang diperlukan bayi Anda dan cobalah menyajikannya dicampur gula atau garam.

Bisakah Anda memberi saran cara untuk mengendalikan keinginan mengidam makanan yang tidak menyehatkan?

Ya, ada beberapa cara untuk menghalau desakan tersebut. Makanlah sarapan setiap hari, karena ini akan membuat Anda tetap kuat terhadap serangan camilan di pagi menjelang siang hari. Berolahraga secara teratur – olahraga adalah cara yang luar biasa untuk menahan keinginan mengidam makanan yang tidak menyehatkan (dan rasa bosan atau cemas yang bisa berakibat makan camilan berlebihan). Dapatkan dukungan emosional yang Anda perlukan. Naik turunnya hormon kehamilan bisa membuat Anda lebih  mudah mengalami perubahan suasana hati dan Anda bisa beralih ke makanan padahal yang Anda butuhkan adalah teman bicara. Latih diri sendiri untuk berpikir kecil. Cobalah beberapa sendok es krim, jangan satu mangkuk penuh, atau sepotong cokelat, jangan satu batang. Atau jika Anda merasa porsi mini itu terlalu menggoda, makanlah porsi biasa, tetapi jangan terlalu sering.

Apa penyebab mengidam benda yang bukan makanan dan apakah ini berbahaya?

Tak seorang pun tahu apa penyebab fenomena yang sering dijumpai ini. Fenomena ini disebut pica diambil dari nama Latin burung murai yang akan memakan hampir segala hal. Jenis benda yang ingin dimakan pun tergolong aneh: misalnya kotoran, abu, tanah liat, kapur, es, soda kue, sabun, pasta gigi, kepingan cat, plaster dinding, lilin, rambut, dan bahkan puntung rokok. 

Dalam beberapa penelitian, perilaku mengidam ini dihubungkan dengan defisiensi zat besi – walaupun tak satu pun benda yang diidamkan mengandung zat besi dalam jumlah signifikan, dan ini jelas bukan berarti Anda harus memakannya! Sesungguhnya, makan benda yang bukan makanan bisa memengaruhi zat besi dan bisa menyebabkan defisiensi. Walaupun makan es kemungkinan tidak berbahaya, makan kotoran atau hampir semua jenis benda lain yang disebut di atas bisa menyebabkan penyakit. Jika Anda sangat mengidamkan benda yang bukan makanan, bicarakan pada bidan. Ini perlu diperiksa untuk mencari kondisi fisik atau masalah psikologis yang mendasari.

Jika Anda tidak melakukan hal lain

  • Pantau apa yang Anda makan dan targetkan untuk hanya makan sedikit makanan tak menyehatkan yang Anda idamkan.
  • Tetaplah berkegiatan untuk mengurangi rasa bosan yang sering kali memicu godaan.
  • Carilah bantuan medis jika Anda mengidam benda yang bukan makanan.

Posting Komentar untuk "41. Mengapa saya mengidam makanan saat hamil?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG