Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

50. Haruskah saya mulai memikirkan perawatan anak?

Haruskah saya mulai memikirkan perawatan anak?


Bahkan jika Anda belum membuat keputusan yang pasti tentang kembali bekerja, pilihan perawatan anak layak untuk dipelajari. Penting untuk memulai penelitian Anda sedini mungkin – tentunya selama trimester kedua – karena, sayangnya, pilihan terbaik sering kali cepat selesai diambil orang.

Apa saja pilihan jenis perawatan anak yang mungkin tersedia bagi saya?

Pilihan perawatan anak bagi Anda adalah penjaga anak, penitipan anak, pengasuh atau au pair, walaupun sebagian orang meminta kerabat untuk merawat anaknya. Penjaga anak terdaftar di kantor standar pendidikan (Ofsted-Office for Standards in Education di Inggris) untuk merawat bayi dan anak-anak di rumah mereka sendiri. Banyak penjaga anak merupakan orangtua dan harus menjaga anak mereka sendiri juga. Penitipan anak adalah pusat perawatan anak dengan gabungan pegawai berijazah dan tidak berijazah untuk merawat bayi dan anak kecil dari sekitar usia empat bulan sampai lima tahun di lingkungan yang berpusat pada anak.

Seorang pengasuh akan merawat anak atau anak-anak Anda di rumah Anda sendiri. Dia harus memiliki kualifikasi perawatan anak yang di akui. Au pair adalah orang berkebangsaan asing yang ingin belajar Bahasa lain dan menghabiskan beberapa waktu di negeri orang. Sebagai balasan atas penginapan dan akomodasi yang didapat dari suatu keluarga, seorang au pair diharapkan melakukan pekerjaan rumah dan merawat anak. Sebagian besar au pair tidak terlatih dalam merawat anak, dan sebaiknya dipekerjakan untuk merawat anak yang sudah agak besar atau jika orangtua juga tinggal di rumah.

Tanyakan pada ahlinya – Anna Mcgrail Editor Khusus Babycentre

Orang-orang tampak terkejut ketika saya mengatakan bahwa saya ingin menjadi ibu rumah tangga penuh. Apakah salah melakukan ini?

Orang seringkali bereaksi demikian karena di masa kini lebih sedikit wanita yang memilih untuk menjadi ibu rumah tangga penuh. Masyarakat kita semakin mendorong ibu untuk kembali bekerja, dan tampaknya tidak menghargai ibu yang tinggal di rumah. Kenyataan bahwa mengurus rumah dan merawat anak merupakan pekerjaan yang jauh lebih sulit daripada banyak pekerjaan lain, tanpa promosi atau penghargaan finansial, sering kali terlupakan. Banyak wanita mengalami kesulitan untuk mengambil keputusan apakah akan kembali bekerja sampai bayinya lahir. Tetapi, ketika saatnya tiba, hanya Anda dan pasangan yang bisa membuat keputusan yang tepat bagi Anda berdasarkan keadaan Anda berdua – cobalah untuk tidak terpengaruh oleh tindakan atau pendapat orang lain.

Bagaimana caranya menemukan perawatan anak?

Berbicaralah dengan orangtua dan calon orangtua lain. Anda bsa mendapatkan catatan informasi dengan mengumpukan leaflet dan brosur tentang taman kanak-kanak terdekat, dan menghubungi jaringan perawatan anak untuk mendapatkan informasi tentang tempat perawatan anak. Lihat buku telepon untuk mendapatkan daftar agen pengasuh dan au pair serta penitipan anak. Dengan demikian Anda akan mendapatkan gambaran yang luas tentang harga dan ketersediaan.

Akan sulitkah menemukan perawatan anak?

Panjangnya daftar tunggu beragam dari satu tempat ke tempat lain, tetapi di wilayah perkotaan gabungan antara kepadatan populasi dengan rasio legal yaitu tiga bayi untuk setiap petugas perawat berarti ruangan bayi di banyak tempat penitipan bisa terisi lusinan kali. Itulah sebabnya mengapa Anda harus memesan tempat begitu Anda membuat keputusan.

Jika Anda mencari pengasuh, mungkin sulit untuk menemukan seseorang yang siap berkomitmen untuk bekerja sebelum dia siap memberitahukannya pada majikan terdahulu (biasanya minimal sebulan sebelumnya). Akan tetapi, Anda bisa mulai melakukan pencarian secara umum untuk aen pengasuh, mulai mewancarai orang, dan mendapatkan gambaran tentang kualitas dan ketersediaan. Jika Anda mencari penjaga anak, mungkin berlaku prinsip yang sama. 

Banyak pengasuh anak tidak ingin berkomitmen terlalu di depan. Mulailah dengan meluangkan banyak waktu dan jangan mengharapkan untuk segera menemukan seseorang – sesungguhnya, mungkin merupakan gagasan yang baik untuk bertemu banyak orang dan melihat banyak tempat berbeda sebelum membuat keputusan, jadi Anda memiliki gagasan tentang keberagaman kualitas, harga, dan gaya.

Haruskah saya mempertimbangkan untuk berkompromi jika saya tidak bisa mendapatkan perawat anak yang saya inginkan?

Ya, menemukan perawat sesuai keinginan Anda bisa jadi sulit dan Anda mungkin harus berkompromi. Pilihan pertama Anda mungkin banyak oeminatnya atau tidak terjangkau secara finansial. Atau Anda mungkin menyukai salah satu tempat penitipan anak, tetapi dikecewakan karena kualitas yang tersedia di dekat tempat tinggal Anda. Cobalah untuk terbuka terhadap berbagai alternative. Satu-satunya hal yang tidak boleh Anda kompromikan adalah kepastian bahwa bayi Anda akan dirawat oleh orang atau kelompok orang yang tepat. Memberi Anda batas waktu yang panjang untuk melakukan penelitian dan mendaftar di tempat perawatan anak akan meningkatkan kemungkinan Anda mendapatkan pilihan perawatan anak sesuai keinginan, jadi Anda bisa kembali bekerja dengan tenang.

Penjaga anak

Penjaga anak biasanya menjaga anak dengan campuran kelompok usia. Ini bisa sangat mirip dengan kehidupan keluarga dan bisa membantu anak Anda merasa nyaman di sekitar anak lain yang lebih tua atau lebih muda. Penjaga anak biasanya hanya diperbolehkan merawat satu anak di bawah usia satu tahun.

Pengalaman pembaca

“Saya mengambil cuti melahirkan selama empat bulan pada kelahiran putra pertama dan siap kembali bekerja ketika cuti saya habis. Saya menikmati bekerja dan tidak merasa pekerjaan saya mengahambat saya menjadi orang tua atau mengasuh anak.” Amy

“Saya yakin saya akan kembali bekerja dalam waktu tiga bulan, tetapi setelah melahirkan, saya memutuskan saya lebih suka tinggal dirumah sepanjang waktu. Saya dan pasangan harus mengubah kebiasaan kami dalam mengeluarkan uang, tetapi ini layak dilakukan.” Dona

“Saya kembali bekerja setelah anak pertama saya lahir. Saya pikir baik bagi saya untuk kembali bekerja karena saya merasa produktif menghasilkan uang dan mencapai lebih banyak. Kini ketika saya akan punya anak kedua, saya berencana tinggal di rumah. Malam hari dan akhir pekan saja terlalu singkat untuk memberikan perhatian penuh pada dua orang anak.” Maria

Posting Komentar untuk "50. Haruskah saya mulai memikirkan perawatan anak?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG