Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

52. Trimester ketiga minggu 28 – 40. Bagaimana perkembangan bayi saya?

28 – 40 minggu. Bagaimana perkembangan bayi saya di trimester ketiga?

Dalam trimester terakhir ini, bayi Anda menyelesaikan perkembangan fisiknya. Dengan pesatnya pertambahan berat badan dan ukuran tubuh, gerakannya menjadi semakin terbatas. Pada suatu saat, mulai dari 36 minggu ke atas, dia mulai turun ke dalam panggul, siap menempuh perjalanan menyusuri jalan lahir dan menuju dunia.

Bayi Anda pada usia 32 minggu

Pada saat ini bayi Anda beratnya kira-kira 2kg (4 lb) dan panjangnya kira-kira 45cm (18 inc) dari ujung kepala sampai ujung kaki, setengahnya adalah berat bayi Anda. Pada saat ini dia sudah punya kuku jemari tangan dan kaki dan tubuh serta alat geraknya lebih proporsional dengan ukuran kepala. Kulitnya menjadi lembut dan halus saat dia mulai menggemuk dalam persiapan lahir. Dia mulai memiliki rambut sungguhan, bukan sekedar lanugo pelapis yang lembut. 

Pemindaian ultrasonografi 3D

Teknologi ultrasonografi telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan  pemindaian 3 Dimensi memberikan reproduksi ang hampir fotografik dari akan seperti apa wajah bayi Anda nantinya. Pemindaian 3D digunakan untuk membantu diagnosis masalah seperti celah langit-langit mulut, untuk memberikan informasi tambahan tentang kelainan yang sudah diketahui. Citra wajah yang baik hanya bisa didapatkan jika bayi menghadap ke atas, tangannya tidak menutupi wajah, dan ada kumpulan cairan amnion yang cukup di sekeliling gambaran tersebut.

Perkembangan bayi minggu 28

Bayi Anda benar-benar mulai tumbuh dan mengisi ruang yang kosong dalam Rahim. Dia kini tidut dan terjaga pada interval yang teratur. Sebagian ahli percaya bahwa bayi mulai bermimpi pada minggu ke-28 kehamilan tetapi tak seorang pun tahu apa isi mimpinya. Diketahui bahwa otak mulai aktif di minggu ini – alur khas mulai muncul di permukaannya dan lebih banyak perkembangan jaringan otak.

Perkembangan bayi minggu 29

Bayi Anda bisa membuka matanya dan akan memalingkan wajah kea rah sumber cahaya terang yang terus-menerus. Lapisan ‘lemak putih’ mulai terbentuk di wajah kulitnya dalam persiapan untuk hidup di luar Rahim.

Perkembangan bayi minggu 30

Otak bayi Anda tumbuh pesat, dan kepalanya menjadi semakin besar untuk menampungnya. Hampir semua bayi bereaksi terhadap suara pada usia 30 minggu. Jika bayi Anda laki-laki. Buah zakarnya bergerak dari tempatnya di dekat ginjal menuju selangkangan. Jika bayi Anda perempuan, klitorisnya relative menonjol karena labia yang masih kecil belum bisa menutupinya.

Perkembangan bayi minggu 31

Paru-paru dan saluran pencernaan bayi Anda hampir matang. Dia terus membuka dan menutup matanya dan dia mungkin bisa melihat apa yang terjadi di dalam Rahim, membedakannya terang dan gelap bahkan mencari sumber cahaya. Jika Anda menyorotkan sinar pada perut, bayi Anda bisa memalingkan kepala untuk mengikuti cahaya atau bahkan meraih untuk menyentuh yang bergerak. Sebagian peneliti berpikir bahwa memaparkan perut Anda pada cahaya akan menstimulasi perkembangan visual.

Perkembangan bayi minggu 32

Lengan, tungkai, dan tubuh bayi Anda terus terisi – dan akhirnya ukurannya menjadi proporsional dengan kepalanya. Dia lebih terlihat seperti bayi baru lahir, dan beratnya sekitar 2kg (4lb) dan panjangnya sekitar 42 cm (16,7 inc) dari ujung kaki ke ujung kepala. Gerakan bayi Anda mungkin berubah – semakin lama semakin jarang dan tidak terlalu kuat karena dia kehabisan ruang kosong dalam Rahim dan tidak bisa lagi berbalik arah. Dia kini bisa menggerakkan kepalanya dari satu sisi lain, organnya menjadi semakin matang dan jika dia lahir sekarang dia akan memiliki peluang selamat yang bagus.

Perkembangan bayi minggu 33

Walaupun paru-parunya belum akan berkembang sempurna sampai tepat sebelum lahir, bayi Anda menghirup cairan amnion untuk melatih paru-parunya dan berlatih bernapas. Sistem saraf pusatnya juga menjadi matang. Jika bayi Anda laki-laki, buah zakarnya sudah masuk ke dalam skrotum. Terkadang, salah satu atau kedua buah zakar belum masuk ke posisinya sampai setelah lahir, tetapi jangan khawatir. Buah zakar yang belum turun sering kali terkoreksi sendiri sebelum ulang tahun pertama.

Perkembangan bayi minggu 34

Pertumbuhan yang pesat terus berlanjut: pada akhir minggu ini panjang bayi Anda bisa mencapai 45 cm (17,5 in). Pada saat ini, hampir semua bayi sudah terletak dengan kepala di bawah dalam Rahim, walaupun bayi Anda mungkin terus berubah posisi.

Tengkorak bayi Anda masih cukup lentur dan belum sepenuhnya menyatu sehingga memungkinkannya melewati jalan lahir yang relative sempit. Tetapi tulang di bagian lain tubuhnya mengeras dan kulitnya juga semakin cerah dan keriput. Sebagian besar perkembangan fisik dasarnya kini telah selesai.

Fakta menarik – yang penting dalam trimester ketiga bayi Anda

Dalam trimester ini, bayi Anda akan:

  • Bertambah berat badan sekitar 2,25 kg (5 lb) dan bertambah panjang sekitar 12,5 cm (5in).
  • Biasanya menetap dengan posisi kepala di bawah, menyiapkan perjalanannya menuju dunia.
  • Menyelesaikan seluruh perkembangan fisik.
  • Terus membentuk jalur neurologis – bahan bakar untuk belajar – dalam otak.
  • Masuk ke dalam panggul.

Bayi Anda – siap dilahirkan

Pada satu titik dalam beberapa minggu terakhir kehamilan, bayi Anda akan mulai turun ke dalam panggul – memulai perjalanan menuruni jalan lahir. Proses ini disebut ‘engagement’ atau terkadang disebut ‘lightening’. Anak pertama biasanya masuk lebih awal, mungkin sekitar 36 minggu, tetapi ini bukan berarti bayi sudah hampir lahir. Mungkin masih beberapa minggu lagi sampai bayi lahir. Bayi kedua atau berikutnya sering kali belum masuk panggul sampai minggu terakhir kehamilan – dan dalam beberapa kasus baru masuk saat proses persalinan dimulai.

Sempit yang pas

Bayi Anda akan mengalami pertambahan berat badan pesat dalam trimester ini. Dari sekitar 32 minggu sampai saat lahir, berat badannya akan naik sekitar sepertiganya. Saat dia menggemuk, dia akan mulai lebih sedikit bergerak – tidak ada ruang untuk jungkir balik lagi, dan juga lebih sedikit cairan amnion. Meskipun demikian, Anda akan masih bisa merasakan keberadaan bayi Anda ia mungkin menendang dan memukul untuk memberitahu Anda bahwa dia baik-baik saja.

Perkembangan bayi minggu 35

Bayi Anda kini beratnya lebih dari 2,5 kg (5,5 lb). Dia menggemuk dan membulat – lapisan lemak diperlukan untuk mengatur suhu tubuh. Jika Anda khawatir tentang persalinan premature, Anda akan senang mengetahui bahwa sebagian besar bayi yang dilahirkan pada usia 35 minggu lahir sehat dan selamat tanpa masalah yang berarti. Paru-paru bayi Anda sudah harus berkembang sempurna sekarang dan masalah pernapasan bisa diatasi dengan mudah.

Perkembangan bayi minggu 36

Bayi Anda membesar dan sangat sempit dalam Rahim sehingga Anda mungkin merasa dia tidak banyak bergerak lagi. Meskipun demikian, Anda bisa mengamati siku, kaki, atau kepalanya menonjol dari perut Anda ketika dia meregang dan menggeliat. Segera, saat Rahim dan perut Anda meregang menjadi lebih tipis dan membuat lebih banyak cahaya masuk, bayi akan mulai mengembangkan siklus aktivitas harian. Bayi Anda kini punya sepasang ginjal yang berkembang sempurna. Hatinya juga sudah bisa memroses sebagian produk buangan.

Perkembangan bayi minggu 37

Selamat! Pada akhir minggu ini, kehamilan Anda sudah cukup bulan – artinya bayi Anda bisa lahir kapan saja mulai saat ini. (Bayi yang lahir sebelum 37 minggu termasuk premature atau persalinan dini, dan yang lahir setelah 42 minggu disebut post-matur atau persalinan terlambat). Semua bayi berbeda tetapi biasanya bayi berusia 37 minggu beratnya 3 kg (6,5 lb).

Perkembangan bayi minggu 38

Minggu ini, sebagian besar lapisan kuku halus lanugo rontok dan vernix caseosa – lapisan seperti keju yang melapisi tubuh bayi Anda dalam Rahim dan melindungi kulitnya yang sedang berkembang – mulai menghilang, walaupun sebagian masih tetap ada saat lahir. Bayi Anda menelan keduanya, bersama dengan sekresi lain, dan semuanya tetap berada dalam ususnya sampai lahir. Campuran berwarna kehitaman ini, yang disebut meconium, akan menjadi buang air besar pertamanya.

Perkembangan bayi minggu 39

Bayi Anda kini siap menyapa dunia. Pada titik ini, rata-rata bayi cukup bulan masih membuat lapisan lemak untuk membantu mengendalikan suhu tubuh setelah lahir. Semua organ bayi Anda sudah berkembang dan pada tempatnya, walaupun paru-paru bayi adalah yang terakhir mencapai kematangan.

Perkembangan bayi minggu 40

Rata-rata bayi panjangnya sekitar 50 cm (20,5 in) dari kepala sampai kaki dan beratnya 3,5 kg (7,5 lb) saat lahir, tetapi antara 2,5 kg (5 ½ lb) dan 4 kg (9 lb) merupakan batasan yang sehat bagi bayi baru lahir. Hari besar sudah hampir tiba dan tak lama lagi Anda bisa memeluk bayi Anda. Tetapi jangan khawatir jika pada akhir minggu ini Anda masih menunggu – hanya 5% bayi yang lahir tepat pada tanggal perkiraan.

Bayi setelah minggu 40

Hari besar sudah lewat dan bayi masih belum muncul. Jangan panic! Sampai 75% bayi lahir lebih lambat dari tanggal perkiraan. Walaupun ini mungkin seolah bayi Anda keras kepala dan menolak untuk meninggalkan kenyamanan dalam Rahim Anda, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar bayi yang lewat tanggal perkiraan sesungguhnya tidak terlambat – melainkan tanggal perkiraanya yang salah hitung.

Jika Anda masih hamil pada akhir minggu 42, dokter dan bidan mungkin akan menyarankan untuk menginduksi persalinan karena setelah saat ini bayi dalam kandungan Anda kemungkinan bermasalah.

1 komentar untuk "52. Trimester ketiga minggu 28 – 40. Bagaimana perkembangan bayi saya?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG