Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

53. Hamil minggu 28-40. Bagaimana perubahan tubuh saya di trimester ini?

Hamil minggu 28-40. Bagaimana perubahan tubuh saya di trimester ini?

Dengan pesatnya pertambanhan berat badan bayi dalam trimester ini, Anda akan mulai merasakan regangan pada tubuh. Prioritas utama bayi Anda haruslah merawat diri sendiri untuk membantu diri Anda mengatasi gejala kehamilan tua dan mempersiapkan secara fisik dan mental untuk menghadapi persalinan.

Tubuh Anda saat 32 minggu

Dengan bayi yang berkembang semakin mengisi ruang dalam perut, Anda akan mulai merasakan lebih banyak perubahan fisik. Anda mungkin mulai “bergoyang” seperti bebek berjalan, dan makin sulit menemukan posisi untuk duduk – apalagi tidur. Menggunakan bantal untuk menyokong perut dan menaikkan kaki kapan pun Anda bisa akan membantu.

Merasakan regangan

Sampai bayi Anda turun ke panggul (biasanya sekitar usia 36 minggu bagi kehamilan pertama dan lebih lambat bagi kehamilan selanjutnya), Anda mungkin akan merasa sulit bernafas. Ini terjadi karena Rahim Anda tumbuh sangat besar sehingga menekan diafragma – otot besar mendatar yang membantu pernapasan.sesaknya rongga perut juga bisa memengaruhi sistem pencernaan, mendorong asam lambung ke atas memasuki kerongkongan dan menimbulkan rasa seperti dada terbakar, suatu kondisi yang tidak berbahaya namun tidak mengenakkan.

Kehamilan minggu 28

Jika Anda belum mendaftar di kelas prasalin, maka mendaftarlah sekarang. Anda mungkin akan punya janji temu prasalin minggu ini dan darah mungkin diperiksa untuk melihat jika ada anemia, yaitu defisiensi sel darah merah. Banyak wanita hamil menjadi sedikit anemis karena perubahan normal selama kehamilan. Jika golongan darah Anda Rhesus negative dan hasil tes untuk antibody Rh negative, Anda akan menjalani pemeriksaan tambahan saat ini.

Kehamilan minggu 29

Sebagian besar wanita mengalami kenaikan berat badan sekitar 5 kg (11 lb) selama trimester ketiga. Anda mungkin mengunjungi bidan lebih sering mulai sekarang tetapi Anda tidak usah menunggu ada janji temu. Jika ingin membicarakan apa pun, hubungi saja melalui telepon. Anda mungkin terombang-ambing antara dua perasaan:”Saya sudah bosan hamil” dan “Saya tidak siap melahirkan”. Jangan khawatir, Anda bukan satu-satunya. Jika Anda melahirkan di rumah sakit, cobalah untuk mengatur sebuah tur agar Anda tahu apa yang akan dihadapi. Kelas prasalin Anda mungkin buka hingga malam untuk menerima kunjungan, jadi teleponlah untuk mencari tahu.

Kehamilan minggu 30

Dengan meningkatnya selera makan Anda agar sesuai dengan cepatnya pertumbuhan bayi Anda dalam trimester ketiga, cobalah menahan diri agar tidak makan terlalu banyak kue, gula-gula, dan camilan siap saji. Pastikan Anda mencapat cukup zat besi, yang membantu bayi Anda membuat sel darah merah. Jika Anda belum menyesuaikan regimen olahraga, kini adalah saat yang baik untuk memperkenalkan beberapa aktivitas untuk membantu tubuh Anda meregang dan membuka siap untuk melahirkan. Cobalah mencari kelas yoga yang khusus untuk ibu hamil, istruktur akan menunjukkan peregangan yang bisa membantu Anda menuju dan mempertahankan posisi-posisi yang nyaman dalam persalinan. Bahkan peregangan dan geliat sesekali bisa membantu Anda menghindari gangguan saat hamil seperti kram kaki.

Kehamilan minggu 31

Anda mungkin mengalami kenaikan berat badan yang lumayan bulan ini – biasanya 1,4 – 1,8 kg (3-4 lb). Hal itu disebabkan karena pada masa ini muncul tuntutan gizi bayi Anda yang paling besar dalam percepatan pertumbuhan terakhir sebelum lahir.

Tidur nyenyak menjadi semakin sulit di trimester ketiga. Semakin membesarnya perut Anda, sulit mencari posisi yang nyaman dan memertahankannya, dan Anda merasakan tekanan pada kandung kemih.

Kehamilan minggu 32

Jika Anda dan pasangan gugup terhadap hari kelahiran, Anda bisa mengulangi kembali apa yang Anda pelajari di kelas prasalin. Bicaralah dengan bidan untuk mendapat nasihat jika diperlukan. Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menulis rencana melahirkan.

Anda akan dianjurkan untuk tinggal di rumah selama mungkin dalam fase awal persalinan kala satu. Anda bisa menggunakan mesin TENS untuk menghilangkan rasa sakit seiring meningkatnya kekuatan kontraksi – cari tempat penyewaan di toko obat terdekat atau dari internet.

Penuh sesak

Untuk memenuhi kebutuhan Anda dan bayi Anda yang semakin bertambah, volume darah Anda akan meningkat 40-50% sejak Anda mulai hamil. Rahim Anda akan mendorong dekat diafragma dan mulai menekan lambung. Akibatnya mungkin sulit bernapas dan muncul gangguan pernapasan.

Kehamilan minggu 33

Jika Anda khawatir berhubungan seks di minggu-minggu terakhir kehamilan membahayakan bayi, jangan khawatir. Bagi sebagian besar wanita, seks selama hamil baik-baik saja sampai saat ketuban pecah, dan jika Anda kebetulan melewati tanggal perkiraan ini bahkan bisa membantu memulai proses persalinan.

Fakta menarik – yang penting di trimester ketiga Anda

Selama trimester ini, Anda akan:

  • Mulai cuti melahirkan jika Anda bekerja.
  • Menghadiri kelas prasalin.
  • Mulai merasa lebih lelah dan mungkin lebih cemas menanti persalinan dan kelahiran.
  • Mendatangi janji temu prasalin yang lebih teratur.
  • Merasakan lebih banyak peregangan dalam tubuh, tetapi ini akan hilang begitu bayi mulai masuk ke dalam panggul.
  • Akhirnya bertemu bayi Anda yang baru lahir!

Tubuh Anda pada minggu 40

Tubuh Anda telah melakukan pekerjaan yang berat dan bayi Anda mungkin sudah turun ke dalam panggul. Tantangannya mulai saat ini mungkin lebih ke arah mental daripada fisik saat Anda menghitung hari menunggu kelahiran bayi.

Anda mungkin merasa akan bermanfaat dan menenangkan untuk mengakrabkan diri dengan tanda-tanda persalinan dan memahami perbedaan antara kontraksi sesungguhnya dan kontraksi palsu, yang disebut Braxton Hicks. Ada pula kemungkinan pecahnya ketuban, tetapi ini tidak selalu berarti Anda akan segera bersalin.

Kecanggungan

Kecanggungan dan kelihaian bisa menghilang sekaligus dalam minggu-minggu terakhir kehamilan. Dan jangan terkejut – Anda membawa beban lebih, pusat gravitasi Anda sudah bergeser seiring dengan Rahim Anda, dan pinggul serta persendian mungkin lebih longgar karena hormone. Anda juga mungkin terganggu oleh pikiran tentang minggu-minggu yang akan datang. Anda akan menjadi kurang tangkas dan mungkin khawatir karena sering tersandung atau menabrak benda-benda, tetapi yakinlah bahwa bayi Anda sangat terlindungi dengan baik dalam perut Anda, Rahim, dan cairan amniom yang mengelilingi tubuhnya.

Tahap akhir

Begitu bayi masuk ke dalam panggul, yang disebut engagement, atau lightening, bernapas menjadi lebih mudah, namun kepala bayi bisa terasa berat di antara kaki. Anda mungkin merasakan bertambahnya cairan vagina. Jika Anda mengeluarkan lender yang bercampur sedikit darah, persalinan mungkin sudah dekat.

Kehamilan minggu 34

Persiapkan hal-hal penting pascamelahirkan agar Anda bisa tidur lebih tenang. Siapkan hal-hal yang mendasar – segala tetek bengek – sebelum berbelanja menjadi beban yang berat. Masaklah porsi ekstra untuk dibekukan sebagai makanan siap saji bagi minggu-minggu awal. Buatlah daftar nomor telepon penting dan temple di dekat pesawat telepon.

Kehamilan minggu 35

Banyak wanita mengalami nyeri atau berdenyut pada pinggul, bokong, atau panggul selama minggu-minggu terakhir kehamilan. Hindari aktivitas jika nyeri tak kunjung hilang.

Kehamilan minggu 36

Anda mungkin mulai merasakan peningkatan tekanan di perut bawah dan merasakan bayi perlahan mulai turun. Peristiwa lightening atau engagement ini berarti paru-paru dan lambung Anda akan mendapatkan lebih banyak ruang, jadi bernapas dan makan menjadi lebih mudah. Akan tetapi, berjalan menjadi tidak nyaman – sebagian wanita bahkan mengatakan rasanya bayi seperti mau keluar. Anda mungkin juga merasa seperti ingin berkemih terus-menerus. Olahraga dasar panggul bisa membantu.

Kehamilan minggu 37

Belajarlah mengenali tanda-tanda kehamilan sungguhan. Pastikan mobil Anda selalu terisi bahan bakar untuk mengantar Anda ke rumah sakit. Terakhir, kini adalah saat yang baik untuk mengukur bra menyusui.

Kehamilan minggu 38

Dua minggu ke depan adalah saat menunggu, tetapi nikmatilah waktu ini sebelum kehadiran bayi. Makanlah dengan benar dan banyak beristirahat. Bidan akan memberi paket persalinan di rumah pada saat ini jika Anda ingin melahirkan di rumah. Pastikan Anda sudah mengemas segala yang diperlukan jika Anda akan bersalin di rumah sakit.

Kehamilan minggu 39

Anda mungkin merasa sangat besar dan tidak nyaman dalam minggu-minggu terakhir ini. Cobalah untuk tenang – ini mungkin kesempatan terakhir Anda untuk bersikap tenang dalam beberapa waktu mendatang. Tonton film atau baca buku yang tidak ada hubungannya dengan kehamilan atau bayi. Pasangan Anda juga harus mencoba untuk bersantai dan menikmati melakukan hal-hal tersebut karena mungkin tak ada waktu untuk melakukannya setelah kehadiran bayi.

Kehamilan minggu 40

Apakah Anda merasa waktu berlalu sangat lambat sejak awal kehamilan? Maka bersiap-siaplah. Hari-hari terakhir mungkin akan terasa lebih lama dibandingkan Sembilan bulan yang telah lalu!

Kehamilan di atas minggu 40

Hampir semua dokter dan bidan akan menunggu sampai satu minggu lagi sebelum menganggap kehamilan sudah lewat. Kehamilan dianggap pasca-matur jika sudah lewat 42 minggu. Bicarakan pilihan yang Anda miliki dengan pelatih prasalin atau bidan jika Anda tidak bersalin sendiri.

Bidan atau dokter bisa menyarankan beberapa metode untuk mencoba memulai persalinan secara alamiah. Mungkin ini saat penantian yang paling sulit. Jika orang-orang menelepon Anda untuk menanyakan apakah Anda sudah bersalin dan Anda merasa terganggu, putarlah pesan pada mesin penjawab telepon Anda.

 

Posting Komentar untuk "53. Hamil minggu 28-40. Bagaimana perubahan tubuh saya di trimester ini?"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG