Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

32. Perubahan tubuh saya di trimester kedua minggu 21 - 27

Perubahan tubuh saya di trimester kedua minggu 21 - 27


Fakta menarik – yang penting dalam trimester bayi Anda

  • Selama trimester ini Anda akan
  • Akhirnya merasakan gerakan bayi
  • Mulai merasa lebih baik karena mual di pagi hari dan rasa lelah sebagai tanda awal kehamilan mereda
  • Terlihat lebih baik dan mungkin terlihat ‘berkilau’
  • Mungkin mulai merasakan gejala baru seperti rasa nyeri, sakit, dan panas perut
  • Ditawari tes penapisan darah dan mungkin tes diagnosa, seperti amniosentesis

Tubuh Anda pada usia 24 minggu

Dengan semakin membesarnya perut dan payudara, Anda mungkin tak punya pilihan lain selain membeli pakaian khusus ibu hamil, atau menyesuaikan pakaian yang Anda miliki. Berita baiknya adalah Anda mungkin mendapatkan kilau kehamilan yang indah.

Anda mungkin mulai merasakan lebih banyak rasa nyeri dan sakit, khususnya di bagian perut bawah dan tungkai, dan mulai menderita akibat retensi cairan. Walaupun rasa lelah di awal kehamilan akan sudah terlewati, Anda mungkin masih merasa letih karena tidak bisa tidur nyenyak di malam hari. Ini bisa disebabkan oleh mimpi yang tampak nyata yang sering terjadi dalam kehamilan dan karena tak bisa merasa nyaman di tempat tidur.

Tekanan dalam Rahim

Dengan membesarnya Rahim, akan timbul tekanan pada vena yang mengalirkan darah dari tungkai ke jantung, serta saraf dari tubuh ke tungkai. Ini bisa menimbulkan gejala seperti kram tungkai dan varises.

Tanda peregangan

Anda mungkin melihat timbulnya alur berwarna merah samar, yang disebut striae atau tanda peregangan, pada perut, pinggang, bokong, dan payudara. Banyak wanita merasa kulit perutnya gatal – hormone kehamilan bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan peregangan akibat pembesaran perut tidak membantu. Menggosokkan krim bisa meringankan gatal tetapi tidak akan menghilangkan tanda peregangan dan hampir tidak dapat mencegahnya. Tanda peregangan khas terjadi di tahap kehamilan ini dan akan menghilang setelah Anda melahirkan.

Hamil minggu 21

Anda mungkin sudah memerhatikan perubahan pada kulit dan rambut. Walaupun banyak di antaranya merupakan perubahan positif, bisa timbul gejala yang tidak diinginkan seperti jerawat. Rajin-rajinlah membersihkan muka dengan pembersih yang lembut dua kali sehari, tetapi jangan makan obat jerawat karena belum tentu aman.

Hamil minggu 22

Kenaikan berat badan yang akan Anda alami mungkin menghantui pikiran dan Anda mungkin menghadapi tantangan mengidam dan selera makan yang lebih baik. Selalu makan ketika lapar tetapi cobalah untuk memilih camilan yang sehat, bukan makan gula-gula atau biscuit.

Tidak perlu khawatir tentang penurunan berat badan setelah melahirkan karena tubuh Anda bisa memerlukan waktu antara beberapa bulan sampai setahun untuk memulihkan zat gizi yang dihabiskan selama hamil. Meskipun demikian, mintalah nasihat dari bidan jika berat badan Anda naik dengan cepat atau turun drastic. Bidan biasanya aan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah ukuran perut Anda sesuai dengan usia kehamilan.

Hamil minggu 23

Dalam kehamilan bisa ditemukan peningkatan produksi lender vagina akibat meningkatnya aliran darah ke bagian tubuh ini. Buang air lebih sering dari biasanya adalah efek samping lain yang tak diinginkan dari kehamilan.

Anda juga lebih rentan terhadap infeksi saluran kemih. Temui dokter atau bidan jika Anda mencurigai adanya gejala sistitis. Anda juga mungkin mengalami perdarahan dari saluran pembuangan belakang, jika timbul wasir.

Hamil minggu 24

Anda bisa jadi mengalami perdarahan saat menggosok gigi – salah satu keluhan yang umum dalam kehamilan (bersama dengan mimisan). Hormone kehamilan bisa membuat gusi membengkak dan meradang, yang membuatnya sering berdarah, khususnya ketika membersihkan gigi. Gosoklah gigi dengan lembut dan gunakan benang gigi secara teratur. Kebersihan gigi yang baik harus dijaga dalam kehamilan untuk mencegah penyakit gusi.

Hamil minggu 25

Anda mungkin mulai berpikir tentang nama bayi, jika belum ada. Memilih nama bisa menyenangkan, namun Anda akan terkejut mengetahui betapa sulitnya mengambil keputusan. Ada banyak buku nama bayi dan halaman situs jejaring yang dapat membantu Anda.

Hamil minggu 26

Jika Anda menjalani pemeriksaan untuk mengetahui adanya infeksi vagina seperti guam, hasilnya bisa juga positif untuk streptokokus grup B. ini adalah infeksi umum, tetapi bisa berbahaya bagi bayi baru lahir. Jika Anda terbukti membawa infeksi ini, Anda akan diberi antibiotic intravena dalam persalinan untuk mencegah penulasan infeksi pada bayi Anda.

Hamil minggu 27

Anda sudah mendekati bagian terakhir – trimester ketiga. Sebelum Anda menyadarinya, Anda akan menggendong bayi dalam dekapan Anda. Sekitar saat ini, Anda mungkin memerhatikan sedikit kenaikan tekanan darah, yang umum terjadi. Tetapi jika berat badan Anda tiba-tiba naik drastis, atau penglihatan kabur, dan tangan, kaki, serta wajah membengkak, Anda mungkin mengalami pre-eklampsia dan harus segera mencari bantuan medis.

Posting Komentar untuk "32. Perubahan tubuh saya di trimester kedua minggu 21 - 27"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG