Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

29. Trimester kedua - hamil minggu 14 – 27

Trimester kedua - hamil minggu 14 – 27


Seperti banyak wanita, Anda mulai menikmati kehamilan pada trimester ini. Anda mungkin sudah melewati gejala awal terburuk seperti rasa mual di pagi hari dan mengalihkan perhatian pada masalah penting lain, seperti pakaian apa yang harus Anda kenakan! Anda juga bisa meringankan beban menjaga “rahasia” dan berbagi berita menyenangkan ini dengan keluarga, teman, dan kolega.

Bagaimana perkembangan bayi saya?

Dalam trimester ini bayi tumbuh sekitar 5cm per bulan. Ketika tubuhnya mulai teregang, bayi akan menjadi lebih aktif dan bahkan mengembangkan berbagai ekspresi wajah. Pada akhir trimester ini semua organ utama sudah akan bekerja, tetapi paru-paru dan sistem pencernaanya masih belum berkembang sempurna.

Bayi Anda pada usia 20 minggu

Sekitar saat ini Anda mungkin mulai merasakan bayi Anda bergerak bahkan sesekali merasakan pukulan atau tendangan. Tungkainya mulai lebih meregang sekarang, tidak lagi melingkar ke arah batang tubuhnya. Ketika dia bergerak dan meregang, dia menelan cairan amnion, berkemih, dan memroses pembuangan dalam sistem pencernaan yang sedang berkembang. Dia menghasilkan meconium, produk buangan pencernaan yang lengket dan berwarna hitam yang menumpuk dalam usus besarnya. Anda mungkin akan melihat meconium ini ketika pertama kali Anda buang air besar, walupun ada bayi yang mengeluarkannya di dalam Rahim atau ketika dilahirkan.

Bayi Anda yang aktif

Bayi Anda akan menjadi semakin aktif dan fleksibel dalam trimester ini dan memiliki kendali yang jauh lebih besar karena otot dan sistem srafnya lebih berkembang. Sekitar usia 15 minggu, bayi Anda mungkin bisa menggenggam, memicingkan mata, mengerutkan kening, meringis, dan bahkan mulai mengisap ibu jarinya. Peneliti meyakini bahwa ini dan gerakan lain mungkin berhubungan dengan perkembangan impuls dalam otak.

Hamil minggu 14

Perut Anda sudah mulai membesar, tetapi bayi Anda masih kecil. Panjangnya sekitar 7-9 cm dari ujung kepala sampai ujung kaki dan beratnya sekitar 28 g – sekitar seukuran setengah buah pisang. Sidik jari yang unik sudah mulai terbentuk.

Jika Anda menunjuk dengan lembut ke arah perut dan dia merasakannya, bayi akan mulai mengisap – seolah-olah seperti mencari putting susu. Jika Anda mengandung bayi perempuan, dia sudah memiliki sekitar dua juta telur dalam indung telurnya, tetapi pada saat lahir jumlah ini akan berkurang menjadi sekitar satu juta.

Hamil minggu 15

Tubuh bayi Anda kini berkembang lebih pesat dari kepalanya. Sekitar usia kehamilan ini, kulitnya yang setipis perkamen dilapisi dengan lanugo (rambut yang sangat halus biasanya menghilang sebelum lahir). Alis mata bayi mulai tumbuh dan rambut di ujung kepalanya mulai muncul.

Hamil minggu 16

Bayi Anda masih cukup kecil untuk bisa muat dalam genggaman tangan Anda. Ada perkembangan baru minggu ini – sensitivitas terhadap cahaya dan kasus cegukan yang berat, suatu awal dari proses pernapasan. Anda tak bisa mendengarnya karena seluruh sistem tubuhnya terisi udara, tetapi jangan terkejut jika Anda bisa merasakannya kemudian. Tungkai bayi sudah tumbuh lebih panjang dari lengan sekarang, kuku jari tangan sudah terbentuk sempurna, dan semua sendi dan anggota gerak bisa bergerak.

Hamil minggu 17

Ukuran bayi Anda sekarang sekitar sebesar buah alpukat, panjangnya sekitar 12,7 cm dari ujung kaki ke ujung kepala dan beratnya sekitar 170 g. selama tiga minggu berikutnya dia akan menjalani pertumbuhan yang sangat pesat, berat dan panjang badannya menjadi dua kali lipat. Sebagian sistem tubuh bayi yang lebih rumit mungkin mulai bekerja, termasuk sirkulasi dan saluran kemihnya.

Bayi adalah makhluk yang senang bermain, bahkan pada tahap ini. Bayi Anda mungkin sudah menemukan mainannya yang pertama kali – tali pusat – yang akan dengan senang ditarik-tarik dan dipegangnya. Terkadang dia bahkan menggenggamnya sedemikian erat sehingga lebih sedikit oksigen yang lewat, tetapi jangan khawatir – dia tak akan memegangnya terlalu lama sehingga membahayakan dirinya sendiri.

Hamil minggu 18

Tulang rawan kenyal yang akan menjadi rangka tubuh bayi mulai mengeras menjadi tulang. Selubung mielin untuk melindungi serabut saraf mulai terbentuk, suatu proses yang akan terus berjalan sampai setahun setelah dia lahir. Dengan bantuan alat elektronik, yang disebut Sonicaid, denyut jantung bayi sudah bisa didengar. Mendengarkan denyut jantung bayi membuat Anda tahu bahwa bayi Anda tumbuh baik.

Hamil minggu 19

Minggu ini, Anda secara resmi memasuki bulan kelima kehamilan. Bayi Anda sudah bisa merasa dan mendengar. Memang pada tahap ini yang bisa didengarnya baru denyut jantung Anda dan aliran sistem pencernaan Anda, tetapi dia akan segera bisa mendeteksi kebisingan di luar Rahim dan mengenali suara Anda.

Jika Anda menjalani pemindaian ultrasonic pada saat ini, Anda mungkin akan bisa melihat bayi Anda menendang, menekuk, meraih, berguling, atau bahkan mengisap ibu jarinya. Jika bayi Anda perempuan, vagina, Rahim, dan saluran telurnya sudah terbentuk. Jika bayi Anda laki-laki, alat kelaminnya sudah bisa dibedakan dan bisa dikenali.

1 komentar untuk "29. Trimester kedua - hamil minggu 14 – 27"

  1. Good gan, ditunggu kunjungannya.
    https://www.viavinalionzone.my.id/2020/08/cara-membuat-menu-navigasi-scroll.html?m=1

    BalasHapus

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG