Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

30. Yang penting dalam trimester kedua bayi Anda

Yang penting dalam trimester kedua bayi Anda


Dalam trimester ini , bayi Anda akan:
  • Menjadi lebih aktif dan fleksibel
  • Mungkin mulai mengisap ibu jarinya
  • Bisa mendengar suara Anda
  • Mulai membuka mata
  • Memperlihatkan organ yang akan menunjukkan apakah dia laki-laki atau perempuan!
  • Menumbuhkan rambut pelapis tubuh, yang disebut lanuga
  • Mulai menumbuhkan tulang untuk menggantikan tulang rawan

Bayi Anda di usia 24 minggu

Seperti yang mungkin sudah Anda sadari dari perut yang mulai membesar, bayi Anda sedang tumbuh dengan sangat pesat. Dengan berat hanya sedikit lebih dari 450 g, tubuhnya masih relatiff langsing, tetapi lemak tubuhnya akan segera bertambah untuk menyeimbangkan dengan otak, alat tubuh, dan paru-parunya yang berkembang pesat. Kulitnya masih tipis dan transparan pada tahap ini, tetapi ini akan segera mulai berubah. Paru-parunya mulai memiliki ‘cabang’ dari ‘pohon’ pernapasan serta sel-sel yang akan menghasilkan surfaktan, suatu bahan yang akan membantu kantung udara untuk mengembang begitu dia lahir.

Lanugo

Dalam trimester kedua, tubuh bayi Anda akan mulai ditutupi oleh lapisan rambut ultra-halus, yang disebut lanugo. Ini bisa tumbuh pada usia kehamilan 15 minggu. Rambut pertama biasanya tumbuh di sekitar alis mata bayi dan di bibir atas. Lanugo biasanya mulai menghilang sebelum lahir, dan yang masih tersisa akan rontok pada hari-hari pertama kelahiran. Rambut ini akan digantikan dengan yang tumbuh dari folikel rambut yang baru.

Hamil minggu 20

Selamat! Anda sudah melewati separuh waktu kehamilan! Panjang tubuh bayi Anda sekitar 20,5 cm dan beratnya sekitar 255g. Dia mulai menelan cairan amnion, dan ginjalnya terus menghasilkan air seni. Rambut di kulit kepalanya mulai muncul. Perkembangan sensoris sudah mencapai puncaknya pada minggu ini. Sel-sel saraf untuk setiap indera – perasa, penghirup, pendengaran, penglihatan, dan peraba – kini muncul di area-area khusus dalam otak.

Hamil minggu 21

Berat badan bayi Anda bertambah dan kini tubuhnya menjadi licin – substansi putih berminyak yang disebut vernix caseosa melapisi seluruh tubuhnya untuk melindungi kulitnya dari perendaman yang lama dalam cairan amnion. Sebagian bayi masih dilapisi oleh lapisan putih ini saat lahir.

Hamil minggu 22

Alis dan kelopak mata bayi sudah terbentuk sempurna dan kuku-kuku jarinya sudah menutupi ujung jari. Perhatikan apa yang Anda katakan mulai sekarang karena dia mungkin akan mendengarnya! Anda bisa berkomunikasi dengan berbicara, menyanyi, atau membacakan buku padanya. Sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa bayi baru lahir akan mengisap lebih kencang saat menyusu jika Anda membacakan buku yang sering dia dengar saat masih di dalam Rahim.

Hamil minggu 23

Bibir bayi Anda menjadi lebih jelas dan matanya sudah terbentuk; walupun masih kurang pigmen dalam selaput pelanginya sampai beberapa minggu mendatang. Pancreas, yang penting untuk produksi hormone, mulai berkembang. Tanda-tanda awal tumbuhnya gigi mulai muncul di antara barisan gusinya.

Hamil minggu 24

Bayi Anda yang belum lahir mungkin panjangnya sekitar 30 cm. pembuluh darah dalam paru-parunya mulai berkembang untuk menyiapkan pernapasan dan dia menelan cairan amnion secara teratur, walaupun normalnya dia belum mulai bergerak sampai setelah lahir. Jika bayi lahir pada saat ini, dia masih memiliki peluang hidup yang bagus dengan perawatan yang tepat dan berkat adanya kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.

Hamil minggu 25

Berat badan bayi Anda naik sekitar 115 g sejak minggu lalu. Kulitnya tipis dan rapuh tetapi tubuhnnya berisi dan memenuhi lebih banyak ruang dalam Rahim. Dia juga mulai menyimpan lapisan ‘lemak coklat’ di dada, leher, dan selangkangan. Ini membantu mempertahankan panas tubuh.

Hamil minggu 26

Bayi Anda mulai melakukan gerakan pernapasan, walaupun belum ada udara dalam paru-parunya. Inderanya berkembang pesat. Pada usia 26 minggu, pemindaian otak janin menunjukkan bahwa bayi merespon terhadap sentuhan. Jika Anda menyorotkan sinar ke perut, bayi Anda akan memalingkan kepalanya. Menurut penelitian, ini menunjukkan bahwa saraf optiknya bekerja.

Hamil minggu 27

Bayi Anda panjangnya sekitar 37,5 cm. Jika Anda bisa melihat bayi Anda akan terlihat matanya yang kini mulai terbuka. Respons terhadap suara tumbuh semakin konsisten mendekati akhir bulan keenam, ketika jalur saraf ke telinga sudah terbentuk sempurna. Dia juga terus-menerus menarik napas pendek, walaupun baru bernapas dalam air dan tidak di udara, ini adalah latihan yang bagus ketika dia lahir.

Posting Komentar untuk "30. Yang penting dalam trimester kedua bayi Anda"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG