Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat

Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat

Gigi merupakan organ pertama yang akan memproses makanan, gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan sebelum masuk kedalam tubuh. Sisa makanan halus yang berada di dalam mulut akan menjadi plak, yakni lapisan lunak hasil sisa makanan yang sudah di urai oleh mikroorganisme yang bercampur dengan air ludah, biasanya berwarna putih, plak ini juga sering disebut “Jigong”.

Plak gigi yang menumpuk dan tidak dibersihkan akan mengeras kemudian mengering hingga menjadi karang gigi, jika karang gigi tidak segera di bersihkan maka akan menyebabkan bau mulut, kerusakan gigi, dan penyakit gusi atau gingivitis.

Berikut adalah cara menghilangkan karang gigi dengan aman dan cepat:

1. Menyikat gigi 2 kali sehari

Menyikat gigi yang dianjurkan oleh dokter gigi adalah dua kali sehari, dengan melakukannya secara rutin setelah bangun tidur dan sebelum tidur akan menghilangkan karang gigi secara bertahap, lakukan kebiasaan menggosok gigi dua kali sehari, lakukan selama tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Cara menggosok gigi juga harus diperhatikan, cara yang benar adalah menggunakan sikat gigi berbulu halus dan menggosok gigi secara merata, mulai dari gigi tengah depan belakang, dan gigi gusi depan belakang. Idealnya durasi menggosok gigi adalah dua menit.

2. Menggunakan pasta gigi ber-fluoride

Ketika ingin menggosok gigi jangan lupakan mengenai pasta giginya, pasta gigi yang baik adalah yang mengandung Fluoride. Kandungan fluoride selain untuk mencegah timbulnya zat asam dari sisa hasil makanan juga dapat menjadi obat alami memperbaiki gigi rusak.

3. Menyikat gigi menggunakan baking soda

Menyikat gigi dengan menggunakan baking soda atau soda kue sangat bagus untuk menghilangkan karang gigi dengan cepat dan efektif. Baking soda secara alami dapat menghilangkan plak penyebab karang gigi tanpa merusak lapisan enamel. Soda kue dapat mengurangi demineralisasi karena memiliki PH tinggi, sehingga dapat membantu menyeimbangkan tingkat PH di dalam mulut dan mencegah hilangnya enamel.

4. Berkumur setiap hari

Berkumur menggunakan obat kumur antiseptik dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan karang gigi, lakukan berkumur setiap selesai makan siang dan sore untuk mencegah bakteri yang dapat menimbulkan plak. Selain itu, berkumur menggunakan minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya plak. Sebuah studi di India melibatkan 50 pria dengan gingivitis di tahun 2015, berkumur dengan minyak kelapa dapat mengurangi plak gigi sebanyak 50%.

5. Flossing atau menggunakan benang gigi

Ini juga merupakan cara paling efektiv mengurangi resiko karang gigi, dengan menggunakan benang flossing akan menjangkau bagian-bagian yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Sebaiknya menggunakan benang halus dan kuat agar dapat menarik kotoran yang menempel di sela-sela. 

Setelah tahu bagaimana cara membersihkan karang gigi, kini saat nya mencari tahu apa saja yang menyebabkan timbulnya karang gigi yang dibenci oleh semua orang.

Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Kebiasaan merokok

Penelitian menunjukkan, orang yang merokok berpotensi besar memiliki karang gigi. Tidak hanya rokok saja, produk yang memanfaatkan tembakau memiliki kemampuan besar untuk menyebabkan karang di gigi. Setelah dibersihkan, plak gigi akan lebih cepat mengeras dan lebih cepat terakumulasi hingga menjadi karang.

2. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kandungan gula tinggi

Makanan yang mengandung gula akan menyisakan zat gula dalam mulut, kemudian akan bereaksi dengan bakteri dan air ludah sehingga akan cepat menyebabkan plak gigi, selain itu asam yang dihasilkan dari reaksi ini akan menyebabkan gigi rusak. 

3. Bertambahnya usia

Dengan bertambahnya usia maka akan mempercepat proses karang di gigi.

4. Menggunakan kawat gigi

Ketika gigi dengan kawat maka akan lebih sulit untuk dibersihkan, karena sela-sela gigi akan bertambah dan sikat gigi lebih sulit menjangkaunya karena terhalang oleh kawat tersebut.

5. Memiliki kondisi mulut kering

Kondisi mulut kering akibat kurang minum, juga akan mempercepat tumbuhnya plak yang menyebabkan terjadinya karang gigi.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam rangka membersihkan karang gigi, cara yang disebutkan bukanlah cara instan namun harus dilakukan secara konsisten agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sekaligus, hindari beberapa kebiasaan atau makanan yang menyebabkan karang gigi. 

Posting Komentar untuk " Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Cepat"

Dokter spesialis kandungan rekomendasi dokterhamil.com


dr. Sanusi, Sp.OG dr. Dasep Suwanda, Sp.OG.
dr. Muhammad Dwi Priangga, SpOG dr. Wahyu Ginealdy, Sp.OG