Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gejala apa yang mungkin saya alami dalam trimester terakhir?

Gejala apa yang mungkin saya alami dalam trimester terakhir?

Setelah bagian tengah kehamilan yang relative menyenangkan, Anda mungkin harus menghadapi gejala yang tak diinginkan dalam trimester terakhir. Selain efek fisik karena semakin membesarnya perut, kehamilan mungkin mulai berkecamuk dalam pikiran Anda.

Saya sering merasa sesak napas, haruskah saya khawatir karenanya?

Tidak, ini adalah tanda normal dari kehamilan tua. Banya wanita merasa mengalami fase sesak napas, seringkali antara usia kehamilan 29-36 minggu. Ini adalah saat ketika organ dalam Anda terdesakoleh bayi yang tumbuh. Tidak ada cukup ruang bagi Anda untuk menarik napas dalam-dalam. Sekitar 36 minggu bayi Anda mulai turun ke dalam rongga panggul siap untuk dilahirkan, dan ini menghilangkan tekanan sehingga bernapas menjadi lebih mudah. Jika Anda mengidap asma, bicarakan kondisi Anda dengan dokter atau bidan. Yakinlah bahwa Anda tidak membuat bayi Anda kekurangan oksigen. Sistem pernapasan Anda beradaptasi dalam kehamilan sehingga tubuh Anda bisa memroses oksigen dengan lebih efisien.

Saya menjadi sangat ceroboh. Apakah ini normal?

Ya, dan ini harusnya tidak mengejutkan jika Anda memikirkan apa yang di alami oleh tubuh Anda: Anda membawa lebih banyak beban, pusat gravitasi Anda berubah dengan membesarnya Rahim, dan jemari tangan, kaki, serta seluruh sendi tubuh menjadi longgar akibat hormone kehamilan. Tersandung dan terjatuh adalah ketakutan yang luar biasa bagi ibu hamil, tetapi ingat bahwa bayi Anda terlindungi dengan baik oleh tulang panggul dan air ketuban yang mengelilinya. Jika Anda terjatuh, hubungi dokter atau bidan hanya untuk memastikan bahwa semuanya baik-baik saja. Cobalah untuk tidak membuat diri Anda berada di situasi risiko tinggi untuk terjatuh (seperti berdansa di lantai yang penuh sesak). Hati-hati terhadap permukaan yang basah, di lapisi es, atau tidak rata ketika berjalan danjangan membawa apapun yang berbahaya. Kecerobohan hanya merupakan kondisi terkait kehamilan yang bersifat sementara. Jika kecerobohan Anda disertai pening, nyeri kepala, pandangan kabur atau rasa nyeri, hubungi dokter atau bidan segera.

Mengapa saya selalu melupakan sesuatu?

Anda mungkin hanya kewalahan menghadapi perubahan besar dalam hidup yang akan Anda alami. Kekhawatiran ini bisa memenuhi benak orang yang sebetulnya bisa berpikir jernih. Cobalah merancang strategi untuk membantu mengingat apa yang penting dan mengurangi frustasi. Bawalah buku catatan kecil di mana Anda bisa menuliskan pengingat, menulis kalender kegiatan harian terperinci, dan menyimpan hal-hal yang biasanya sering Anda lupakan, seperti kunci, di tempat yang sama. Sifat pelupa mungkin merupakan tanda bagi Anda untuk mencoba menyederhanakan hidup jadi luangkan waktu untuk bersantai.

Tampaknya saya menghabiskan sebagian besar waktu di toilet!! Apa yang bisa saya lakukan?

Dalam trimester terakhir, bayi Anda yang membesar cenderung menekan kandung kemih sehingga ukurannya bisa menjadi sepertiga ukuran sebelum hamil. Bahkan ketika kandung kemih Anda kosong, tekanan bisa membuatnya terasa penuh. Juga, wanita hamil terkadang mengalami kesulitan mengosongkan kandung kemih sepenuhnya, jadi condongkan badan ke depan untuk memastikan kandung kemih Anda kosong. Cobalah untuk hampr tidak minum apa-apa satu atau dua jam sebelum waktu tidur untuk mengurangi bolak-balik di malam hari, tetapi tetaplah minum paling sedikit 8-10 gelas air setiap hari. Ada yang mengatakan bahwa ini adalah cara kejam alami untuk melatih Anda menghadapi malam-malam dengan tidur yang terganggu begitu bayi hadir! Bicarakan dengan dokter atau bidan jika Anda merasakan nyeri atau panas seperti terbakar saat berkemih karena infeksi saluran kemih bisa menimbulkan infeksi ginjal dan meningkatkan risiko persalinan premature.

Bagaimana caranya mencegah varises pada vena?

Angkat kaki dan tungkai bilamana mungkin; jika Anda duduk di meja, letakkan bangku kecil atau kotak bawah meja. Sebelum bangun dari tidur di pagi hari, kenakan kaus kaki ketat penyangga khusus. Dengan mengenakannya sebelum berdiri, Anda mencegah agar darah tidak berlebihan mengumpul di tungkai. Jika Anda harus berdiri dalam waktu lama, lakukan stimulasi sirkulasi dengan berjalan jinjit beberapa kali. Jangan silangkan kaki ketika duduk.


Posting Komentar untuk " Gejala apa yang mungkin saya alami dalam trimester terakhir?"