Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bawang Merah Untuk Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bawang Merah Untuk Hidung Tersumbat Pada Bayi

Manfaat Bawang Merah Untuk Hidung Tersumbat

Kala bayi mendapati hidung tersumbat, pasti orangtua merasa panik dan berjerih payah mencari cara untuk mengobatinya. Bahkan, sampai membawa ke dokter dan memberikannya obat. 

Namun, sebenarnya ada cara penyembuhan hidung tersumbat yang sudah dikenal dari sejak dulu kala. Orang tua di zaman dahulu, saat belum terkenalnya dokter atau berbagai macam obat, yakni dengan memakai bawang putih atau bawang merah. 

Mereka mempercayai penggunaan bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi adalah cara yang mujarab.

Bayi kerap kali menderita hidung tersumbat. Hidung tersumbat pada bayi dapat disebabkan oleh batuk dan pilek. Batuk dan pilek ini terjadi akibat infeksi saluran pernapasan bayi. Imun bayi masih belum seutuhnya kuat membuatnya belum mampu untuk menangkal virus.

Bawang Merah Untuk Hidung Tersumbat Pada Bayi

Bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi sudah di lakukan sejak abad ke-15 dengan cara meletakkan irisan bawang merah di pojokan rumah atau juga di dekat tempat bayi tidur. 

Selanjunya terdapat beberapa cara lainnya yang dilakukan untuk meredakan hidung tersumbat pada bayi.

1. Bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi yang diletakkan ditelapak kaki.

Sebenarnya cara ini tidak masuk akal, karena hidung yang tersumbat tapi malah kaki yang diberi bawang. 

Tetapi, cara ini banyak dilakukan oleh orang – orang mulai dari zaman dahulu sampai sekarang. Mereka percaya dengan cara ini senyawa yang ada pada bawang nantinya menembus kedalam tubuh yang akhirnya akan memusnahkan bakteri dan virus.

2. Menggosokkan bawang merah mentah pada tubuh bayi.

Metode ini sering dilakukan dikarenakan banyak yang mempercayai kalau bawang merah ini bisa menghangatkan badan dan melegakan hidung tersumbat. Metode ini biasanya dengan penambahan minyak kayu putih atau telon.

3. Memakan bawang merah yang di bakar.

Metode ini dikerjakan dengan membakar bawang merah yang sudah di kupas, kemudian dikonsumsi oleh sang ibu. Zat yang terdapat dalam bawang merah itu dipercaya akan terbawa dengan asi.

4. Meminum ramuan air bawang merah.

Ternyata dibeberapa negara salah satunya Indonesia yang telah memberlakukan metode ini. Pembuatan ramuan juga gampang sekali, kamu hanya perlu menyediakan sedikit irisan bawang merah, nantinya direndam kurang lebih 6 – 8 jam. Minum ramuan ini dalam takaran 2 x 1 sehari.

cara ini memang tidak seluruhnya salah, tetapi pendapat dr. Karin Wiradarma, M.Gizi melumuri bawang merah akan lebih ampuh jika hidung tersumbat yang diderita bayi disebabkan akibat pilek, dan disertai dengan kembung.

Jika hidung tersumbat diikuti kembung, bawang merah ditambah minyak telon atau minyak kayu putih yang kemudian dibalurkan pada perut bayi sambil dilakukan pijatan kecil. Namun, apabila hidung tersumbat yang diakibatkan oleh pilek, bawang merah berguna untuk membuat badan bayi lebih hangat. 

Ingat, mencegah lebih mudah daripada mengobati. Berikut beberapa metode pencegahan bayi agar tidak menderita hidung tersumbat.
  1. Cuci tangan sebelum melakukan kontak fisik dengan bayi. 
  2. Menjaga kebersihan rumah, serta menghindari diri dan bayi dari penderita flu.
  3. Benda yang masuk ke mulut harus selalu diperhatikan keberishannya.
  4. Memberikan ASI ekslusif. 
Itulah beberapa metode pertolongan pertama yang bisa dilakukan menggunakan bawang merah untuk hidung tersumbat pada bayi. Namun, jika beberapa cara diatas tidak membuahkan hasil kurang lebih 3 hari. Maka harus tetap melibatkan dokter ya.